Identifikasi dan Pemahaman Dampak Jenis-Jenis Kejahatan Trans Nasional Bagi Siswa SMA Di Kota Makassar

Authors

  • Arsyad Arsyad

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v1i1.2307

Keywords:

identifikasi, dampak, kejahatan transnasional, kota Makassar

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para siswa SMA terkait kejahatan transnasional, dampak dan antisipasinya; Permasalahan yang ada adalah: a. rendahnya pengetahuan dan pemahaman siswa SMA mengenai jenis-jenis kejahatan transnasional, dampak dan usaha-usaha untuk mengantisipasi dan menanganinya; b. belum adanya kemampuan di kalangan siswa SMA bagaimana mengidentifikasi dan mempetakan jenis-jenis kejahatan transnasional di Kota Makassar; c. belum mampunya siswa SMA memahamai usaha-usaha pencegahan dan penanganan jenis-jenis kejahatan transnasional di sekitar mereka. Metode yang digunakan adalah sosialisasi yang dilakukan melalui kegiatan ceramah dan tutorial mengenai kejahatan transnasional.Temuan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 1.masih banyaknya siswa SMA yang tidak memahami secara komprehensif mengenai kejahatan transnasional, dampak, dan antisipasi yang harus dilakukan; 2. Meningkatnya pemahaman langkah-langkah yang harus diambil dalam mengantisipasi dan mencegah serta menanggulangi kejahatan transnasional yang berkembang di Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Friebel, Guido & Sergei Guriev, 2006, Smuggling Humans: A Theory of Debt-Financed Migration. Journal of the European Economic Association, Vol. 4, No. 6 (Dec., 2006).

Grossman, J. B., 1984, Illegal Immigrants and Domestic Employment. Industrial and Labor RelationReview, Vol. 37, No. 2, (Jan., 1984).

Mardenis, 2013, Pemberantasan Terorisme: Politik Internasional dan Politik Hukum Internasional Indonesia, RajaGrafindo, Jakarta.

Purwawidada, Fajar, Jaringan Baru Terorisme Solo, Gramedia, Jakarta.

Polda Sultra Tangani 9.178 Laporan Kejahatan Transnasional, www.m.antarasulsel.com/berita/44384/polda-sultra-tangani-9178-laporan-kejahatan Diakses pada 6 April 2015.

Transnational organized crime, www.lpsk.go.id Diakses pada 7 April 2015

Downloads

Published

2017-04-28

How to Cite

Arsyad, A. (2017). Identifikasi dan Pemahaman Dampak Jenis-Jenis Kejahatan Trans Nasional Bagi Siswa SMA Di Kota Makassar. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 47-53. https://doi.org/10.20956/pa.v1i1.2307