KESIAPAN SISWA SD BIDARA CINA JATINEGARA DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR

Authors

  • Aris Munandar Universitas Negeri Jakarta
  • Samadi Universitas Negeri Jakarta
  • Ode Sofyan Hardi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v9i1.28395

Keywords:

Flood, readiness, students

Abstract

Based on data from the DKI Jakarta BPBD report, flooding occurs almost year-round. One of the sub-districts frequently affected by floods is Bidara Cina, located along the banks of the Ciliwung River. Bidara Cina has five flood disaster evacuation posts. However, the evacuation routes in the Bidara Cina area are incomplete; some evacuation signs are damaged and illegible. One form of community service conducted is socialization in schools. This socialization was carried out for grade 5 students at SD Bidara Cina 5, Jatinegara District, on August 14, 2023, starting at 10:00 AM until completion. The method used was a structured question-and-answer session, accompanied by an animated video about flooding provided by BNPB. At the beginning of the socialization, a pretest was conducted to assess the participants' initial knowledge. The BNPB video covered topics such as flood-prone locations, factors contributing to floods, flood preparedness, actions to take during floods, and post-flood recovery. The socialization session was both conducive and interactive. The results of the post-test following the socialization showed an increase in students' knowledge, with the average score rising from 53 to 69. However, there was minimal improvement in the actions taken during a flood. Despite this, participants demonstrated a strong understanding of what to do when a flood occurs. There is a need to further enhance students' knowledge, particularly regarding pre-disaster preparedness, such as understanding the factors causing floods and preparing a disaster bag. Outreach efforts should also be extended to other flood-prone schools.   ---   Berdasarkan data laporan BPBD DKI Jakarta terjadinya banjir  hampir sepanjang tahun. Salah satu Kelurahan yang sering banjir yaitu Bidara Cina, yang terletak di sisi sungai Ciliwung.  Bidara Cina memiliki 5 pos evakuasi  bencana banjir. Jalur evakuasi bencana banjir di kawasan Bidara Cina sangat tidak memadai; sejumlah petunjuk arah evakuasi telah rusak dan tidak dapat dibaca dengan jelas, mengancam keselamatan warga. Wujud dari pengabdian masyarakat dilakukan sosialisasi di sekolah. Sosialisasi dilakukan pada siswa kelas 5 di SD Bidara Cina 5 Kecamatan Jatinegara. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan pada tanggal 14 Agustus 2023 dari jam 10.00 selesai. Metode yang digunakan dengan ceramah, tanya jawab dengan penayangan video animasi tentang banjir dari BNPB. Di awal sosialisasi dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal dari peserta. Sosialisasi video dari BNPB berisi tentang pengetahuan lokasi banjir, faktor-faktor yang mempengaruhi banjir, pengetahuan siaga banjir, tindakan yang dilakukan ketika banjir dan pasca banjir. Sosialisasi berjalan dengan lancar dan interaktif. Mengetahui hasil sosialisasi dilakukan post test, hasilnya terdapat peningkatan pengetahuan siswa dari skor rata-rata 53 menjadi 69. Skor menunjukkan perubahan yang minimal dalam tindakan yang diambil saat banjir. Para peserta sudah sangat memahami langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi banjir. Perlu ada peningkatan pengetahuan terutama dalam indikator pra-bencana misalnya faktor-faktor yang menyebabkan banjir, dengan persiapan tas bencana. Perlu adanya sosialisasi di sekolah-sekolah lain yang memiliki kerentanan banjir.

References

Afrillia, H. F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1026–1031.

https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/ide.php/snhrp/article/view/502

Amalia, Y. (2021). 27 RW di Ide Terendam Banjirr, Terparah di Bidara Cina dan Pejaten Timur, dikases Juli 2023. https://www.merdeka.com/ide/27-rw-di-ide-terendam-banjir-terparah-bidara-cina-dan-pejaten-timur.html

Anggara, B., Idris, A., & Hasanah, N. (2019). Penanggulangan Bencana Banjir Oleh Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Di Kabupaten Berau e Journal Ilmu Pemerintahan, 2019, 7 (2): 879-890.

https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3196

Ardhianti. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar, Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol 1 Ide 1 April 2022. https://jurnal.arkainstitute.co.id/ide.php/nautical/article/download/95/75

Bagas. H, Widyarini, S., Pahlevi, R., Damar, F., Salasabila, Ananda, & Susanti. (2021). Desain Model Pendidikan Kebencanaan, Kuliah Kerja Nyata Geografi Kelurahan Bidara Cina. MBKM Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Ide

BNPB. (2017). Definisi dan Jenis bencana, http://www.bnpb.go.id

Dewi, S.U. (2002). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas II di SDIT Insan Mulia Kabupaten Bekasi”.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Ide. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61717/1/Sri%20Utami%20Dewi%2011170183000025.pdf

Eldi. (2020). Analisis Penyebab Banjir di DKI Ide, JurnaL Inovasi Pendidikan, Vol.1 Ide.6 Nopember 2020.

https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/203/175/

Findayani, A. (2015). Kesiap Siagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Banjir Di Kota Semarang. Jurnal Geografi Volume 12 Ide 1 (103 dari 114) Universitas Negeri semarang.

https://journal.unnes.ac.id/nju/ide.php/JG/article/view/8019/5561

Harsoyo, B. (2013). Mengulas Penyebab Banjir Di Wilayah DKI Ide Dari Sudut Pandang Geologi, Geomorfologi Dan Morfometri, Sungai. Jurnal Sains & Teknologi Modifikasi Cuaca, Vol 14, Ide.1, Juni 2013 Hal.: 37 – 43.

https://ejurnal.bppt.go.id/ide.php/JSTMC/article/view/2680

Kanapi, M.R.N. (2021). Identifikasi Penyebab Dan Daerah Banjir Dki Ide Dengan Memanfaatkan Pengideraan Jauh JURNAL GEOGRAFI, Geografi dan Pengajarannya, Volume XIX Nomor 1, Juni 2021 https://www.researchgate.net/publication/359504799_Identifikasi_Penyebab_Dan_Daerah_Banjir_Dki_Jakarta_Dengan_Memanfaatkan_Pengideraan_Jauh

Kumambau, F.A, Mataburu, I.B., & Jalaludin, M. (2023). Tingkat Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Masyarakat Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Ide Selatan. Pendipa Journal of Science Education, 2023: 7 (1), 87-93.

https://ejournal.unib.ac.id/pendipa/article/view/26309

Lesmana. C, & Purborini, N. (2015). Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Dalam Dalam Menghadapi Bencana Di Kabupaten Magelang, Jurnal Teknik Sipil, Volume 11 Nomor 1, April 2015, 1-75.

https://doi.org/10.28932/jts.v11i1.1396

Mardhani, R. (2020). Banjir Hingga 2,5 Meter Rendam Bidara Cina, Warga Mulai Dievakuasi, dikases Juli 2023

https://news.act.id/berita/banjir-hingga-2-5-meter-rendam-bidara-cina-warga-mulai-dievakuasi

Marlina, D., Marzuki, Sandy, Alifah, & Maryam (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Sebelum. 1(1), 126–131.

https://doi.org/10.28932/jts.v11i1.1396

Muhlis, R., Abubakar, A. B. S., Idrus, F. N., Muhlisa, & Abdullah, F. (2024). Pemberdayaan Sekolah Siaga Bencana Melalui Simulasi Dan Video Kesiapsiagaan di SDN 63 Kota Ternate. Panrita Abdi – Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 527-534.

https://doi.org/10.20956/pa.v8i3.25182

Muliawati, & Anggia. (2022). Banjir Rendam Permukiman Warga di bidara Cina Jaktim, Agustus 2022. https://news.detik.com/berita/d-6182063/banjir-rendam-permukiman-warga-di-bidara-cina-jaktim

Nurfadilah, & Darsono. (2018). Peran Pengambil Kebijakan dalam Memberikan Edukasi Tanggap Darurat Bencana Banjir Di Bendungan Hilir.

https://eprints.uai.ac.id/1455/

Purwani, A., & Fadilah. (2018). Kesiapsiagaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapai Bencana Banjir. Jurnal AUDHI. Vol.1,Ide.1 Juli.2018.

https://www.neliti.com/ide/publications/333127/kesiapsiagaan-lembaga-pendidikan-anak-usia-dini-dalam-menghadapi-bencana-banjir

Qodriyatun, S.R. (2020). Bencana Banjir: Pengawasan dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Berdasarkan UU Penataan Ruang dan RUU Cipta Kerja, Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial | Volume 11, Ide. 1 Juni 2020. http://jurnal.dpr.go.id/ide.php/aspirasi/ide

Rosyidie, A. (2013). Banjir: Fakta dan Dampaknya,Serta Pengaruh dari Perubahan Guna Lahan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 24 Ide. 3, Desember 2013, hlm.241 – 249.

https://doi.org/10.5614/jpwk.2013.24.3.1

Suarmika. P.E., & Utama, E.G.(2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi). Jurnal Pendidikan Dasar Ide, Volume 2 Nomor 2 Bulan September 2017. Page 18-24.

https://journal.stkipsingkawang.ac.id/ide.php/JPDI/article/view/327/0

Tamil, N. (2020). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Alam pada Siswa melalui Metode Role Playing dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, Volume 1, Nomor 1 : 10-19 (2020).

https://media.neliti.com/media/publications/318395-natural-disaster-preparedness-education-fbdfcdc2.pdf

Taryana, A., Mahmudiz, M.R., & Bekti, H. (2022). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Ide. JANE (Jurnal Administrasi Negara), Februari 2022, Volume 13 Number 2 Hal. 302 – 311.

https://jurnal.unpad.ac.id/jane/article/view/37997

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Munandar, A., Samadi, & Hardi, O. S. (2025). KESIAPAN SISWA SD BIDARA CINA JATINEGARA DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 149–157. https://doi.org/10.20956/pa.v9i1.28395

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.