PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MAROS MELALUI USAHA KOMERSIAL ABON IKAN AIR TAWAR

Meta Mahendradatta, Zainal Zainal, Suryani Suryani, Muhammad Asfar

Abstract


Lokasi pengembangan kawasan budidaya yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Maros diperuntukan untuk perikanan tangkap, budidaya perikanan air tawar dan peruntukan pengolahan ikan.  Produksi perikanan budidaya terus mengalami peningkatan, pada tahun 2013 mencapai 2.760.417 ekor, namun produksi yang besar belum diiringi oleh industri olahan hasil perikanan belum optimal. Olahan hasil perikanan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti bahan baku dan sumber daya manusia. Oleh karenanya pemerintah daerah terus mendorong peningkatan SDM dan nilai tambah olahan hasil perikanan salah satunya olahan abon. Abon merupakan salah satu olahan ikan yang paling digemari, selain bergizi tinggi yang dapat dijadikan lauk, isian kue-kuean dan roti, selain itu tahan lama dan mudah dibawa dalam perjalan jauh. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan perekonomian masyarakat Maros melalui usaha komersial abon ikan. Dalam kegiatan ini telah dilakukan survey lokasi, workshop dan pelatihan pembuatan abon, pengarahan tentang desain kemasan abon yang baik dan menarik. Kegiatan yang selanjutnya akan dilakukan adalah pengenalan pengurusan izin PIRT juga pendampingan pengurusan PIRT dan pemasaran hingga konsultasi, agar usaha komersialisasi abon ikan air tawar di Kabupaten Maros dapat berjalan optimal. 


Keywords


Abon ikan, Maros, Pengolahan

Full Text:

PDF

References


Alicia, 2015. Studi Pembuatan Abon Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus) Menggunakan Metode Pengasapan. Makassar. Universitas Hasanuddin.

Mustar. 2013. Studi Pembuatan Abon Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus) Sebagai Makanan Suplemen (Food Suplement).Teknologi Pertanian Universitas Hasanuddin, Makassar.

RPJMD KAB SIDRAB, 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Maros 2014-2018. Maros.

SNI 01-3707-1995. Syarat Mutu Abon. Badan Standarisasi Nasional Indonesia.

Tawali, AB, dkk. 2016. Laporan Hasil Penelitian Unggulan Nasional (PUSNAS) 2014-2016. Makassar, Universitas Hasanuddin.

Tawali AB, Mathelda KR, Meta M, dan Suryani. 2012. Teknologi Produksi Konsentrat Protein dari Ikan Gabus sebagai Food Supplement di Jayapura.Universitas Hasanuddin, Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Panrita Abdi Indexed by