PEMANFAATAN AIR SISA WUDHU UNTUK BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR PADA LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN SGJB MALON, GUNUNGPATI, SEMARANG

Satya Budi Nugraha, Wahid Akhsin Budi Nur Sidiq, Nana Kariada Tri Martuti

Abstract


Permasalahan umum yang terjadi di lingkungan Ponpes adalah belum terkelolanya sumberdaya air secara optimal. Hal ini terutama dalam upaya pengelolaan air limbah dari hasil aktivitas santri, seperti yang terjadi di wilayah Ponpes SGJB dimana air sisa  wudhu (bekas wudhu) yang dipergunakan oleh santri dan relatif masih bersih terbuang dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu perlu upaya pemanfataan air sisa wudhu tersebut, diantaranya digunakan untuk budidaya ikan air tawar. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi, diskusi, pelatihan dan pembuatan media budidaya ikan air tawar kepada santri di Ponpes SGJB Malon. Program ini mendapat tanggapan positif dari Mitra yang secara mandiri sedang membangun program pengembangan “pertanian terpadu” untuk mendukung kemandirian Ponpes dalam menyediakan bahan-bahan alam untuk kepentingan konsumsi dan pembelajaran bagi santri.

Keywords


air sisa wudhu, budidaya ikan air tawar, pondok pesantren

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, Dewiyanti, I. dan Hasri, I, 2016. Keragaan Nitrogen dan T-Phosfat Pada Pemanfaatan Limbah Budidaya Ikan Lele (Clarias gariepinus) oleh Ikan Peres (Osteochillus kappeni) dengan Sistem Resirkulasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah, 1(2), pp. 252–261.

Arief, M., Triasih, I. dan Lokapirnasari, W. P., 2009. Pengaruh Pemberian Pakan Alami dan Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata Bleeker). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 1(1), pp. 51–57.

Handayani, D. S., 2013. Kajian Pustaka Potensi Pemanfaatan Greywatersebagai Air Siram WC Dan Air Siram Tanaman Di Rumah Tangga. Jurnal Presipitasi, 10(1), pp. 41–50.

Lumentut, H. B. dan Hartati, S., 2015. Sistem Pendukung Keputusan untuk memilih Budidaya ikan air tawar menggunakan AF-TOPSIS. Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems, 9(2), pp. 197–206.

Monalisa, S. S. dan Minggawati, I., 2010. Kualitas Air yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ikan Nila ( Oreochromis sp .) di Kolam Beton dan Terpal. Journal of Tropical Fisheries, 5(2), pp. 526–530.

Nugroho, R. A., Pambudi, L.T., Chilmawati, D., dan Haditomo, A. H. C., 2012. Aplikasi Teknologi Aquaponic Pada Budidaya Ikan Air Tawar. Jurnal Saintek Perikanan, 8(1), pp. 46–51.

Nugroho, R. A., Elfitasari, T. dan Widowati, L. L., 2015. Ipteks bagi Masyarakat Pondok Modern Gontor Putri 3 Dalam Memanfaatkan Buangan Air Wudhu Santri untuk Budidaya Lele Dumbo dalam Terpal, Upaya Menuju Pesantren Berbasis Kewirausahaan. Info, XIX(2), pp. 1–9.

Priyadi, A., Kusrini, E. dan Megawati, T., 2010. Perlakuan berbagai jenis pakan alami untuk meningkatkan pertumbuhan dan sintasan larva Ikan Upside Down Catfish (Synodontis nigriventris). Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur, pp. 749–754.

Satyani, D. dan Priono, B., 2012. Penggunaan Berbagai Wadah untuk Pembudidayaan Ikan Hias Air Tawar. Media Akuakultur, 7(1), pp. 14–19.

Tatangindatu, F., Kalesaran, O. dan Rompas, R., 2013. Studi Parameter Fisika Kimia Air pada Areal Budidaya Ikan di Danau Tondano, Desa Paleloan, Kabupaten Minahasa (Study on water physical-chemical parameters around fish culture areas in Lake Tondano, Paleloan Village, Minahasa Regency). Budidaya Perairan, 1(2), pp. 8–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Panrita Abdi Indexed by

      

 

 

View My Stats