PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG AULA DAN RUANG KELAS SEKOLAH DINIYAH PONDOK PESANTREN RUBATH NAQSYABANDIYAH KUBU RAYA

Authors

  • Muhammad Ridha Alhamdani Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124
  • Lestari Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124
  • Muhammad Nurhamsyah Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124
  • Syaiful Muazir Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124
  • Mustikawati Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v8i3.32947

Keywords:

Planning, designing, Islamic boarding school, hall building, classroom

Abstract

Pondok pesantren is an institution of Islamic religious education that grows and thrives in the midst of society. One of the Islamic boarding schools in Kubu Raya, West Kalimantan is the Pondok Pesantren Rubath Naqsyabandiyah, precisely in Kampung Parit Mas, Desa Madu Sari, Sungai Raya District, Kubu Raya Regency. The purpose of this activity is to plan the masterplan of the area, re-planning the hall and classroom, to facilitate the process of construction of Pondok pesantren in the future. The planning and designing of the masterplan and hall building as well as the classroom is using AutoCad and SketchUp. The target of this activity is the pondok pesantren, especially the head of an Islamic boarding school. In the planning, discussions or FGDs are conducted gradually between the head of the Islamic boarding school and the PKM team to find out the problems and needs of pondok pesantren as well as to evaluate the design results. This activity has produced a master plan drawing and pre-design drawings as a design guideline to facilitate the process of construction of the Islamic boarding school Rubath Naqsyabandiyah in stages in the future.  ---  Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan keagamaan Islam yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat. Salah satu pondok pesantren yang ada di Kubu Raya, Kalimantan Barat adalah Pondok Pesantren Rubath Naqsyabandiyah, tepatnya di Kampung Parit Mas, Desa Madu Sari, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merencanakan masterplan kawasan, perencanaan ulang aula dan ruang kelas, agar memudahkan dalam proses pembangunan pondok pesantren ini secara bertahap kedepannya. Perencanaan dan perancangan masterplan dan gedung aula serta ruang kelas dilakukan dengan menggunakan aplikasi AutoCad dan SketchUp. Sasaran dari kegiatan ini adalah pihak pondok pesantren khususnya kepala pengurus pesantren. Dalam perencanaan tersebut dilakukan diskusi atau FGD secara bertahap antara pihak pondok pesantren dan Tim PKM untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan pondok pesantren serta untuk mengevaluasi hasil desain. Kegiatan ini telah menghasilkan gambar masterplan dan gambar pra desain sebagai arahan desain untuk memudahkan dalam proses pembangunan pondok pesantren Rubath Naqsyabandiyah secara bertahap kedepannya.

References

Besila, Q. A., Simangunsong, N. I., Debora, T. P., & Sintorini, M. M. (2023). Disain Bantaran Yang Estetis, Ekologis Dan Fungsional Di Situ Pengarengan Depok. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 4(1), 61-70.

Herman, H. (2013). Sejarah Pesantren di Indonesia. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 145-158.

Muhakamurrohman, A. (2014). Pesantren: Santri, kiai, dan tradisi. IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12(2), 109-118.

Nurhayati, A. (2013). Literatur keislaman dalam konteks pesantren. Pustakaloka, 5(1), 106-124.

Purwantiasning, A. W., Bahri, S., Rafsyanjani, M. A., & Buana, M. C. (2022). Pendampingan Masyarakat Dalam Perencanaan Pengembangan Masjid Al-Barkah, Cipedak, Ciganjur, Jakarta Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 238-249.

Sholeh, M. N., Sari, U. C., & Fauziyah, S. (2021). Pendampingan Masyarakat Pada Perencanaan Desain Awal dalam Rangka Peningkatan Fungsi Mushala Miftahul Jannah. Jurnal Pengabdian Vokasi, 2(1).

Syafe'i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61-82.

Tolib, A. (2015). Pendidikan di pondok pesantren modern. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 60-66.

Usman, I. M. (2013). Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam. Jurnal Al Hikmah, 14(1), 101-119.

Widyandini, W., Nursruwening, Y., & Aprilia, A. (2023). Penyusunan Gambar Kerja Perencanaan Taman Wisata Air Di Desa Karangsalam Kidul, Kedungbanteng, Banyumas. Wikuacitya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 85-92.

Zain, Z., Putro, J. D., Nurhamsyah, M., Irwin, & Andi, U. F. (2022). Pendampingan Desain Ulang Surau Sebagai Wadah Berkumpul Masyarakat Muslim Dari 3 Rukun Tetangga (RT). Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 345-355.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Alhamdani, M. R., Lestari, Nurhamsyah, M., Muazir, S., & Mustikawati. (2024). PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG AULA DAN RUANG KELAS SEKOLAH DINIYAH PONDOK PESANTREN RUBATH NAQSYABANDIYAH KUBU RAYA. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 694–704. https://doi.org/10.20956/pa.v8i3.32947

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 

You may also start an advanced similarity search for this article.