WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU MIPA
Keywords:
Workshop, scientific articles, mathematics and natural sciences teachersAbstract
Scientific Article Writing Workshop for MIPA Teachers at Al-Abhariyah Islamic Vocational School
Abstract. This community service aims to help teachers better understand writing techniques, increase understanding of scientific articles and develop professionalism as instructors through scientific article writing activities. The method in community service activities is to provide workshops to Islamic Mathematics and Natural Sciences Al-Abhariyah Vocational School teachers on writing scientific articles. The results of community service show that participants have the ability to understand the techniques of writing scientific articles, distinguish scientific articles from scientific works and have the desire to conduct research even though it has not been realized
Keywords: Workshop, scientific articles, mathematics and natural sciences teachers
Abstrak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru agar lebih memahami artikel ilmiah secara teoritis baik dari segi karakteristiknya maupun teknik penulisannya, serta mampu membedakan artikel ilmiah, skripsi dan tesis. Metode dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan memberikan workshop kepada guru MIPA SMK Islam Al-Abhariyah tentang penulisan artikel ilmiah. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan peserta telah memiliki kemampuan untuk memahami teknik penulisan artikel ilmiah, membedakan artikel ilmiah dengan karya ilmiah serta telah memiliki keinginan melakukan penelitian walaupun belum terealisasikan.
Kata Kunci: Workshop, artikel ilmiah, guru MIPA
References
Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal pengabdian pada masyarakat, 30(3), 29-32.
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
Ardi, Z., Erlamsyah, E., & Ifdil, I. (2017). Peningkatan Kualitas Penulisan Artikel Ilmiah bagi Kepala Sekolah. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 25-34.
Ariyadi, D., Buntoro, G. A., & Astuti, I. P. (2017). Pelatihan Media E-Learning Quipper bagi Guru di MAN1 Ponorogo. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 135-140.
Depdiknas Ditjen Dikti Direktorat Ketenagaan. 2006. Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta
Jaedun, A. (2011). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah. Disampaikan Pada Kegiatan Seminar Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri (Vol. 1).
Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111-116.
Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2016). Upaya peningkatan penguasaan guru SD dalam penelitian tindakan kelas dan penulisan karya tulis ilmiah melalui pelatihan. Buletin Udayana Mengabdi, 15(1).
Noorjannah, L. (2015). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).
Wening, S. (2009). Workshop penulisan karya ilmiah sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru SMK. INOTEKS, 13(2).
Widoyoko, E. P. (2004, September). Penelitian tindakan kelas dan pengembangan profesi guru. Disajikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Muhammadiyah Purworejo (Vol. 14).