PENINGKATAN PENGETAHUAN AKUNTANSI PADA GURU AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) BERBASIS INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARD (IFRS)
Keywords:
IFRS, vocational teacher, teaching quality, socializationAbstract
Increased Accounting Knowledge in Accounting Teachers at SMK Negeri 1 Depok Sleman Based on IFRS-Based SAK
Abstract This activity aims to socialize the IFRS curriculum to teachers at SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta in order to increase accounting knowledge based on IFRS-based SAK so that the quality of teaching of accounting teachers at the SMK can improve. Knowledge about IFRS is expected to be given to students so students can be better prepared to compete in the current industry. The implementation of IFRS in Indonesia has started to be implemented since 2012, but not a few vocational teachers in Indonesia understand and apply this curriculum to school lessons, resulting in a mismatch between the world of education and the industrial world. The method used in this service is to do a pre-test before the socialization and FGD of accounting teachers at SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. The pre-test results indicate that basic knowledge of IFRS-based accounting is still low at 34.8%. After pre-test the next program is IFRS-based accounting socialization and continued at the FGD session to discuss questions and material as teaching material in class. The results of the socialization and FGD can increase the knowledge of the teachers. Finally knowledge of the teachers recalled up to 276,7% so that the final result of the teacher's knowledge became 96,3%.Keywords: IFRS, vocational teacher, teaching quality, socialization.Abstrak. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kurikulum IFRS kepada guru di SMK Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta guna meningkatkan pengetahuan akuntansi berdasarkan SAK berbasis IFRS agar kualitas pengajaran guru akuntansi di SMK tersebut dapat meningkat. Pengetahuan tentang IFRS diharapkan dapat diberikan kepada para siswa agar para siswa dapat lebih siap dalam berkompetisi pada industri saat ini. Penerapan IFRS di Indonesia sudah mulai diterapkan sejak tahun 2012, namun tidak sedikit guru SMK di Indonesia yang mengerti dan menerapkan kurikulum ini pada pelajaran sekolah sehingga terjadi ketidak kecocokan antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melakukan pre-test sebelum dilakukan sosialisasi dan FGD terhadap guru-guru akuntansi pada SMK N 1 Depok Sleman Yogyakarta. Hasil pre-test menunjukkan pengetahuan dasar terhadap akuntansi berbasis IFRS masih rendah yaitu sebesar 34,8%. Setelah dilakukan pre-test program selanjutnya yaitu sosialisasi akuntansi berbasis IFRS dan dilanjutkan pada sesi FGD untuk membahas soal dan materi sebagai bahan ajar di kelas. Hasil dari sosialisasi dan FGD dapat meningkatkan pengetahuan para guru. Pengetahuan para guru meningat hingga 276,7% sehingga hasil akhir pengetahuan guru menjadi 96,3%.
Kata Kunci: IFRS, guru SMK, kualitas pengajaran, sosialisasi.
References
Areni, S., Muslimin, Z., Palantei, E., Prayogi, A., & Bustamin, A. (2019). Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 177–183.
Belkaoui, A. (2016). Teori Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Cheng, Y. C. (1994). Effectiveness of Curriculum Change in School. International Journal of Educational Management, 8(3), 26–34.
Dwitayanti, Y., Putra, D., & Darmajaya, J. B. (2015). Dampak Konvergensi International Financial Reporting Standards (IFRS) Terhadap Pembelajaran Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Swasta Se-Kota Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 1(02), 69–82.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Revisi Kurikulum 2013 (III). Jakarta: Kata Pena.
Rosnidah, I., Juwenah, J., Astuti, A. D., & Kayati, K. (2018). Program Sosialisasi Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS di SMK Veteran Kota Cirebon. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–17. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.14
Sakdiah, K., & Silalahi, C.A.P. (2018). Pembelajaran Akuntansi di SMK dengan Menggunakan Standar PSAK Konvergensi IFRS Pada Sekolah SMK-BM Jurusan Akuntansi. Jurnal Pelita Informatika, 17(4), 343–348.
Hermawan, S. & Zunaida, E.N. (2013). Analisis Kesiapan dan Pelaksanaan Perkuliahan Akuntansi Berbasis Konvergensi International Financial Reporting Standarts (IFRS). Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(4), 2089–7952.