Kepercayaan (Trust) Pada Komunitas Nelayan Pulau Bontosua Kabupaten Pangkep

Authors

  • Sakaria Sakaria Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
  • Suparman Suparman Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Basrun Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
  • Surianti Surianti Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
  • Nirwana Indah Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/hjs.v1i2.9434

Abstract

Modal sosial merupakan sumber daya sosial yang memiliki elemen-elemen pembentuk yang terdapat dalam suatu masyarakat atau komunitas. Tulisan ini membahas tentang modal sosial masyarakat desa nelayan Mattiro Bone Pulau Bontosua dari aspek trust (kepercayaan). Penelitian ini menggunakan mix method dimana pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi terbatas dari lima informan yang ditentukan secara snowball sampling. Selain itu kuesioner juga disebar ke 15 responden. Kemudian data dianalisis secara kualitatif untuk menjelaskan data penelitian dan fakta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan (trust) masyarakat desa nelayan Pulau Bontosua masih tergolong tinggi, hal ini dibuktikan oleh data antara lain seperti tingkat kepercayaan antar warga/tetangga, kepercayaan kepada pemerintah desa dan tokoh masyarakat masih tergolong tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Suparman, 2014. Modal Sosial dalam Komunitas Nelayan yang Mengalami Diskontinyuitas Sosial Kasus Kampung Nelayan Kelurahan Untia dan Pulau Lae-Lae. Makassar: Disertasi.

Anwar J, Sakaria, dan Lala M, Kolopaking, dkk, 2013. Dampak Intervensi Negara dan Penetrasi Pasar terhadap Perubahan Kapital Sosial pada Komunitas Nelayan Pulau-Pulau Kecil. Jurnal LIPI: Bandung.

Arisandi, Herman, 2015. Buku Pintar Pemikiran Tokoh-Tokoh Sosiologi dari Klasik Sampai Moderen: Biografi, Gagasan dan Pengaruh terhadap Dunia. Yogyakarta: IRCiSoD.

Coleman, James. S. 1998. Social Capital in the Ccreation of Human Capital. The American Journal Sociology (http://en.bookfi.net/)

Creswell, J. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Field, John, 2011. Modal Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Fukuyama, Francis, 2015. Trust: Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. Yogyakarta: Qalam

Hasbullah, J. 2006. Sosial Kapital: Menuju Keungguln Budaya Manusia Indonesia. Jakarta: MR-United Press

Irawan, Rudi. (ed.) dkk. 2011. “Pendidikan Nilai-Nilai Kecakapan Hidup Punggawa dan Sawi Dalam Sistem Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Etnis Bugis Perantauan di Kota Bandarlampung”. Economy & Education, Vol. 8 No. 2 November 2011

Mawarni, A. 2010. Modal Sosial dalam Pembangunan Pasca Bencana. Diakses dari http://www.pspk.ugm.ac.id/artikel-terbaru/81-pentingnya-modal-sosial-dalam-pembangunan-pasca-bencana.html

Mustafa, Muh. Dalvi. 2015. Hubungan Kerja Punggawa-Sawi dalam Perikanan Ikan Terbang di Kabupaten Takalar. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Santosa. 2014. Pengembangan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Satori, Djam’an, dan Aan, Komariah, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ritzer, George, dan Douglas, J. Goodman, 2010. Tori Sosiologi: dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Downloads

Published

2019-12-30

Issue

Section

Articles