PENGARUH STUKTUR MASSA AIR SUNGAI TALLO DAN SUNGAI JENNEBERANG TERHADAP PERAIRAN PANTAI MAKASSAR

Penulis

  • Mukhsan Putra Hatta Universitas Hasanuddin
  • Akira Tai Kyushu University, Fukuoka Japan

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13240

Kata Kunci:

Kata Kunci : Salinitas, Klorofii-a, Kekeruhan, Pantai Makassar

Abstrak

Air tawar mempengaruhi struktur massa air pada suatu perairan. Penyebaran air tawar ini sangat penting untuk diteliti dan mempelajari lingkungan air pada pesisir pantai. Maka, dilakukan pengambilan data distibusi spatial salinitas, suhu, klorofi-a dan kekeruhan air di sekitar pantai Makassar, di hilir sungai Tallo dan sungai Jeneberang pada saat musim kemarau. Dari hasil observasi didapatkan hasil sebagai berikut; (i) Pada saat musim kemarau debit dari Sungai tallo dan jenneberang kecil mengakibatkan salinitas rendah pada daerah tersebut., (ii) Disekitar muara Sungai Tallo klorofilnya tinggi disebabkan oleh air tawarnya mengadung nutrisi sehingga produksi biolagi aktif pada wilayah ini.,(iii) Muskinpun di Musim kemarau, muara sungai Tallo dan Jenneberang mempunya tingakat kekeruhan tinggi di dasar laut, memperlihatkan pengaruh air tawar tinggi terhadap strukur massa air di perairan Makassar. Akan datang, kami akan melakukan pengamatan yang sama di musim hujan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Budiman, Y. Setyawan, dan A. Ando Yosafat, “Menganalisis Karakteristik Sedimen Dan Morfologi Muara Sungai Kapuas Guna Memperlancar Alur Pelayaran”, zonalaut, vol. 1, no. 3, hlm. 124-132, Nov 2020.

Y. Yusman, “Pengaruh Arus Laut terhadap Sedimentasi di Pantai Barane Kabupaten Majene”, zonalaut, vol. 1, no. 1, hlm. 21-25, Mar 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-03

Cara Mengutip

Hatta, M. P., & Tai, A. (2020). PENGARUH STUKTUR MASSA AIR SUNGAI TALLO DAN SUNGAI JENNEBERANG TERHADAP PERAIRAN PANTAI MAKASSAR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(1), 51-54. https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13240

Terbitan

Bagian

Oseanografi dan Keteknik Pantaian