MEKANISME ADAPTASI EKONOMI BERBASIS GENDER PADA MASYARAKAT PESISIR KELURAHAN PABIRINGAN, KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO PROVINSI SULAWESI SELATAN

Penulis

  • Ansar Arifin Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Hasanuddin
  • Muhammad Basir Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Hasanuddin
  • Hardiyanti Munsi Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Hasanuddin
  • Muhamad Arsat Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unversitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13249

Kata Kunci:

Kata kunci: Mekanisme, Adaptasi ekonomi, Gender, Usaha alternatif

Abstrak

Memecahkan masalah kemiskinan pada masyarakat nelayan bukanlah pekerjaan yang sangat mudah, karena masyarakat nelayan memiliki masalah yang multidemensi. Akan tetapi, usaha perikanan tangkap yang dilakukan oleh masyarakat sangat memungkinkan melibatkan kalangan gender, khususnya istri klien untuk turut serta sebagai mitra dalam proses produksi dan distribusi hasil-hasil laut untuk meningkatkan pendapatan nelayan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pabiringang, Kecamatan Binamo Kabupaten Jeneponto tahun 2020. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan Focus Group Discustion (FGD). Sedangkan data sekunder didapatkan dengan penelusuran dokumentasi sumber-sumber literatur dan instansi terkait. Pengelolaan dan penyajian data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dasarnya terdapat berbagai potensi untuk dijadikan pekerjaan sampingan di luar pekerjaan pokoknya yang dapat dijadikan sebagai usaha tambahan yang dapat menunjang kebutuhan hidup sehari-hari bagi keluarganya yaitu usaha pertanian rumput laut, terlibat dalam sektor jasa, pembentukan kelompok yang dimiliki bersama dengan melibatkan gender (perempuan dan ibu rumah tangga) dalam pemenuhan kebutuhan operasional nelayan serta restrukturasi dan reorganisasi kelompok nelayan agar tercipta kesejahteraan nelayan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Ansar. 2014. Pemanfaatan Ruang Kapasitas Struktur sebagai Strategi Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Pesisir di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Sosiohumanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol. 7 (1), 2014.

Arifin, Ansar, Haslinda B. Anriani, Muhamad Arsat, Suryawati Salam. 2020. In Pursuit Of Prosperity: A Case Study Of Fisherman Communities In South Sulawesi, Indonesia. Journal Of Critical Reviews. Vol 7 (16), 2020.

Chambers, Robert. 1983. Pembangunan Desa Mulai dari Belakang. Jakarta: LP3ES.

Koellinger, Philipp; Minniti, Maria; Schade, Christian. 2008. Seeing the World with Different Eyes: Gender Differences in Perceptions and the Propensity to start Business. Tinbergen Institute Discussion Paper. Vol. 035 (3), 1-38. 2008.

Legg, K.R. 1983. Patrons, Clients, and Politics: New Perspectives on Political Clientilism. Berkeley: University of California.

Mansyur, M. Khalil. 1984. Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Surabaya: Usaha Nasional Indonesia.

Nugroho, Matheus. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kabupaten Pasuruan: Kajian Pengembangan Model Pemberdayaan Sumberdaya Manusia Di Wilayah Pesisir Pantai. Jurnal Teknologi Pangan. Vol.6. (1) 2015.

Parsons, Talcott. 1937. The Structure of Social Action (New York: McGraw-Hill. Scott, James C. 1993. Perlawanan Kaum Tani. Jakarta: Yayasan Obor.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-03

Cara Mengutip

Arifin, A., Basir, M., Munsi, H., & Arsat, M. (2020). MEKANISME ADAPTASI EKONOMI BERBASIS GENDER PADA MASYARAKAT PESISIR KELURAHAN PABIRINGAN, KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO PROVINSI SULAWESI SELATAN. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(1), 98-103. https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13249

Terbitan

Bagian

Ekonomi Kelautan