KAJIAN SINGKAT TERHADAP PENANGANAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI SEKTOR MIGAS

Penulis

  • Ahmad Faiq Dhiyaulhaq Karya Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v4i1.19403

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kecelakaan, Pengeboran dan minyak

Abstrak

Berkembangnya teknologi dalam berbagai bidang terkhusus di area perminyakan dan gas telah mempermudah manusia untuk melaksanakan aktivitas. Kemajuan ini tentunya membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, selain itu juga menambah jumlah dan ragam sumber bahaya. Namun, seiring dengan pesatnya kecanggihan teknologi juga tidak luput dalam kecelakaan kerja. Konsep ini juga meneliti lebih lanjut secara detail mengenai kecelakaan kerja dengan menggunakan penelitian deskriptif yaitu mengumpulkan data kecelakaan kerja yang terjadi di area pengeboran minyak dan gas. Kebanyakan kecelakaan terjadi disebabkan oleh faktor cuaca dan mekanik. Namun, trend kecelakaan kerja di area pengeboran cenderung sangat jarang terjadi. Dari data yang terkumpul, dalam lima tahun terakhir terdapat 17 kecelakaan yang terjadi. Tingkat Pendidikan korban yaitu tingkat SMA. Umur korban yang mengalami kecelakaan berada di rentang >30 tahun dengan masa kerja 5 tahun. Namun, kecelakaan yang terjadi di sektor perminyakan dan gas sangat jarang terjadi. Namun, Tindakan preventif mengenai keselamatan dan kesehatan kerja perlu ditingkatkan. Mengingat pekerjaan di sektor perminyakan dan gas adalah pekerjaan yang sangat beresiko dan berbahaya. Kata Kunci: kecelakaan, pengeboran dan minyak, SENSISTEK

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Busrani dan Gunawan. 2008. Safety Adalah Yang Paling Utama. Berita Gas., pp : 10-12

Internationnal Labour Organizations, 2013. ILO Calls for Urgent Global Action to Fight Occupational Disease, Geneva: International Labour Organizations.

Khan, FI., Sadiq, R, 7 Husain, T., 2002. Risk Based Process Safety Assessment and Control Measures Design For Offshore Process Facilities. Journal of Hazardous Materials, 94(1), 1-36.

Pandie, HJM., 2014. Hubungan Karakteristik Tenaga Kerja dan Faktor Pekerjaan dengan Kecelakaan Kerja di Perusahaan Mebel Kayu Kelurahan Oesapa Kota Kupang. Jurnal Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

H. Palippui and S. Ramadhan, “Analysis of The Strength of Barge Structures in the Load Out Offshore Module (Top Side) Process with SPMT”, zonalaut, vol. 1, no. 1, pp. 1-5, Mar. 2020.

N. A. Nur Rahmat, W. Wahyuddin, and H. Palippui, “Shipbuilding Risk Analysis Using Consequence- Probability Matrix Technique”, zonalaut, vol. 2, no. 3, pp. 1-6, Nov. 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-30

Cara Mengutip

Karya, A. F. D. (2021). KAJIAN SINGKAT TERHADAP PENANGANAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI SEKTOR MIGAS . Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 4(1), 59-61. https://doi.org/10.62012/sensistek.v4i1.19403

Terbitan

Bagian

Pengembangan SDM dan SDA Pesisir