UJI EKSPERIMENTAL PROSES PLASTIC WELDING TERHADAP PERLAKUAN PRE HEATING KONSTRUKSI HDPE KAPAL IKAN

Penulis

  • Samuel Febriary Khristyson Konstruksi Perkapalan, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi , Universitas Diponegoro
  • Mohammad Ridwan Konstruksi Perkapalan, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi , Universitas Diponegoro
  • Luthfi Afrizal Konstruksi Perkapalan, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi , Universitas Diponegoro
  • Pawesti Wulan Konstruksi Perkapalan, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi , Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.21578

Kata Kunci:

Kata kunci: Kapal Ikan, HDPE, Plastic Welding, Preheating

Abstrak

Kapal-kapal ikan nelayan memiliki desain konstruksi yang umumnya menggunakan bahan material kayu. Biaya pembuatan kapal ikan dengan berbahan kayu bervariasi dan nilai yang tergantung dari jenis desain konstruksinya. Sulitnya recovery kayu dari tumbuhan ini membuat perlu adanya alternatif material . Plastik HDPE atau polietilen (PE) dan polipropilen (PP) High Density Polyethylene (HDPE) memiliki sifatnya yang baik, seperti ketahanan terhadap korosi dan ringan, adalah masih menjadi salah satu material yang paling banyak diadopsi untuk realisasi pada suatu kontruksi alternatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh temperatur pada pre heating terhapap proses pengelasan plastic welding HDPE. Metode yang digunakan adalah eksperimen dimana pembuatan spesimen menggunakan material HDPE sesuai standar ASTM D638. Proses pengelasan menggunakan variasi temperatur antara 4000 – 4500 C. Hasil penelitian menunjukan nilai tertinggi pengujian tarik pada pre heating 450o C sebesar 18,2 MPa sedangkan nilai terendah pada pre heating 410o C sebesar 13,7 MPa, dengan kemuluran rata-rata 136,8mm. Hal ini menyimpulkan adanya pengaruh preheating  pada proses pengelasan plastic welding dengan material HDPE .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Sulaiman, S. D. Said, S. F. Khristyson, and I. D. Cahyo, “DESAIN KONSTRUKSI BAR KEEL PADA KAPAL KAYU NELAYAN,” Jurnal Pengabdian Vokasi, vol. 1, no. 3, pp. 153–158, Jun. 2020, Accessed: Aug. 09, 2020. [Online]. Available: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/5382

S. F. Khristyson, Jamari, and A. P. Bayuseno, “Design of Fishing Vessel 5 GT for Traditional Fishing Community Activities,” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 1096, no. 1, p. 12030, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1096/1/012030.

S. F. K. Sulaiman Sulaiman, “Analisa Sambungan Groove pada Pengelasan HDPE Sebagai Material Alternatif Konstruksi Kapal Kayu Nelayan,” Inovtek Polbeng, vol. 12, no. 1, Jun. 2022.

Palippui, H., and T. Pairunan. "Ship building design of general cargo vessel using comparator ship method in port route of Jakarta-Makassar-Manokwari." In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 921, no. 1, p. 012035. IOP Publishing, 2021.

Q. Zhang et al.,“Constructing highly oriented and condensed shish-kebab crystalline structure of HDPE/UHMWPE blends via intense stretching process:Achieving high mechanical properties and in-plane thermalconductivity,”Polymer (Guildf),vol.241,p.124532,2022doi: https://doi.org/10.1016/j.polymer.2022.124532.

J. Choung, S.-R. Cho, and K. S. Kim, “Impact test simulations of stiffened plates using the micromechanical porous plasticity model,”OceanEngineering,vol.37,no.8, pp. 749–756, 2010, doi: 10.1016/j.oceaneng.2010.02.015.

M. Riyadh, “Fish Terminal Design To Reduce Fishermen Operation Costs In Banda Island”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 1, no. 1, pp. 10-16, Feb. 2022.

A. Babazadeh and M. R. Khedmati, “Semi-analytical simulation of plastic collapse mechanism of cracked continuous unstiffened plates used in ship structure under in-plane longitudinal compression,” Thin-Walled Structures, vol. 144, p. 106264, 2019, doi: https://doi.org/10.1016/j.tws.2019.106264.

S. Tesfaw, O. Fatoba, and T. Mulatie, “Evaluation of tensile and flexural strength properties of virgin and recycled high-density polyethylene (HDPE) for pipe fitting application,” Materials Today: Proceedings, vol. 62, pp. 3103–3113, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.matpr.2022.03.385.

R. Japri, “Design of Profile Construction on General Cargo Ships Using the Ship Comparative Method”, zonalaut, vol. 2, no. 2, pp. 65-73, Jul. 2021.

W. Akhtar and I. Lazoglu, “A novel analytical algorithm for prediction of workpiece temperature in end milling,” CIRP Annals, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.cirp.2022.03.039.

M. U. Pawara, “A Finite Element Analysis of Bottom Structure of LCT Converted from SPOB”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 2, no. 1, pp. 8-15, Feb. 2023.

S. Suardi, T. Hidayat, M. B. Firmansyah, and A. Y. Kyaw, “Impact of Axe Bow Hull Shape on Patrol Ship Resistance, Freeboard, and Trim”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 2, no. 1, pp. 16-21, Feb. 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Cara Mengutip

Khristyson, S. F., Ridwan, M., Afrizal, L., & Wulan, P. (2023). UJI EKSPERIMENTAL PROSES PLASTIC WELDING TERHADAP PERLAKUAN PRE HEATING KONSTRUKSI HDPE KAPAL IKAN. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.21578

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan