TINJAUAN HASIL WELDING DAN PROSES NON DESTRUCTIVE TEST PADA PIPING HRB – 333 DI PT. KALIRAYA SARI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR

Penulis

  • Ahmad Faiq Dhiyaulhaq K Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Alfiand Bahari Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Lazaerus Raynaldi Pratama Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Hutabri Setiyoputra S Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24265

Kata Kunci:

Kata Kunci: Non Destructive Test, Piping, Welding

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini untuk mengamati lebih lanjut mengenai hasil dan kajian seputar pengelasan (welding) dan proses non destructive test (NDT). Pada proses pengelasan terkini mengenai pengerjaan terhadap Piping HRB – 333, terdapat dua jenis metode yang dilakukan oleh welder di perusahaan setempat. Pada proses NDT, segala yang berkaitan tuntutan, spesifikasi serta prosesnya tergantung oleh permintaan klien. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan teori deskriptif dan hasil observasi. Segala hal yang mengenai kajian ini berdasarkan dengan teori – teori dan hasil pengamatan terhadap Piping HRB – 333 yang dikerjakan oleh perusahaan PT. Kaliraya Sari, Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Observasi difokuskan pada hasil pengelasan dengan menggunakan metode NDT pada Piping HRB – 333. Proses NDT ini berperan penting dalam proses fabrikasi piping dan kesempurnaan hasil pengelasan terhadap piping tersebut.  Pada hasil penelitian ini, terdapat cacat las pada saat non destructive test yang dilakukan pada joint Piping HRB – 333. Pada joint piping tersebut, terindikasi cacat las berbentuk porosity yang disebabkan oleh gas hasil pengelasan yang terperangkap pada joint tersebut. Ciri – ciri cacat las yang ditinjau memiliki ukuran 3 mm, memiliki bentuk lingkaran atau biasanya terindikasi berbentuk garis memanjang individual.   

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

API, 1999, Welding of Pipelines and Related Facilities, API Publishing Service, 1220 L street, Washington D.C, United States of America.

ASM, 1989, Metallurgy and Microstructures, ASM Handbook Committe, Metal Park, Ohio.

ASME, 2006, Process Piping, The American Society Of Mechanical Engineers, Three Park Avenue, New York,United States of America.

DNV, 2015, Class Guidleline Non Destructive Testing Edition 2015,

Santoso, Joko. 2006, Pengaruh Arus Pengelasan Terhadap Kekuatan Tarik dan Ketangguhan Las SMAW Dengan Elektroda E7018, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sinergi Nanotech Indonesia. Magnetic Particle Testing

https://nanotech.co.id/magnetic-particle-testing/ (diakses pada tanggal 24 Oktober 2022, 03.46 WITA)

Sucofindo(2022).RadiographyTesthttps://www.sucofindo.co.id/id/read/2022/07/3443/metoderadiography-test-ndt-

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Cara Mengutip

Dhiyaulhaq K, A. F., Bahari, A., Pratama, L. R., & Setiyoputra S, H. (2023). TINJAUAN HASIL WELDING DAN PROSES NON DESTRUCTIVE TEST PADA PIPING HRB – 333 DI PT. KALIRAYA SARI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN TIMUR . Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 100-104. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24265

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan