ANALISIS REDAMAN PELAT VERTIKAL BAWAH LAUT PADA STRUKTUR LEPAS PANTAI TIPE SPAR

Penulis

  • Hidayatullah Hidayatullah Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Siti Fatimah Marhanisa Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Tandi Tarru Tjuti Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24266

Kata Kunci:

Kata kunci: SPAR, Struktur, Pengeboran

Abstrak

Spar platform merupakan struktur atau bangunan lepas pantai dengan sisteem tambat dengan gaya redaman struktur dan periode alami diluar jangkauan gelombang. Secara umum, spar adalah sebuah bangunan yang berbentuk silinder besar yang terapung dengan draft yang cukup besar dan dalam. Spar sendiri digunakan untuk membantu proses pengeboran dan produksi minyak mentah lepas pantai. Daya apung dari Spar sendiri digunakan untuk mendukung fasilitas akttivitas yang berada diatas permukaan air. Pada struktur spar, perlu ditambahkan sebuah kaki yang terikat dengan pondasi tiang pada dasar laut yang menggunakan tendon atau tethers guna meningkatkan stabilitas pada derajat kebebasan kemiringan dan roll. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat pengembangan dalam menentukan redaman pelat vetikal terhadap gerakan kemiringan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Carpenter, C. (2020, Agustus 31). "The Spar Platform: A Design That Transformed Deepwater Development". JPT Journal Of Petroleum Technology.

Randall, R,E. 1997. Elements Of Ocean Engineering 1st Edition. Texas: The Society Marine Engineers. Sarpkaya, Turgut. 2010. Wave Forces On Offshore Structures. New York: Cambridge University Press.

Soedjono, J. J. 1998. Diktat Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Apung Laut II. Surabaya: Jurusan Teknik Kelautan ITS.

A. Sarifuddin, R. Ahmad, Dan F. M. Assidiq, “Analisis Vertical Plate Pada Variasi Kecepatan Aliran Di Lunas Spar”, Sensistek, Vol. 5, No. 2, Hlm. 90-94, Des 2022.

A. Phady, A. Rajmi, F. Ramadhani, M. T. P. Andalan, S. Aski, Dan M. Z. M. Alie, “Pengaruh Optimasi Beban Rangka Tubular Terhadap Analisis Kekuatan Tekuk Dan Kelelahan Pada Fixed Offshore Platform”, Sensistek, Vol. 3, No. 1, Hlm. 8-13, Nov 2020.

F. Mahmuddin, S. Klara, M. U. Pawara, Dan A. Y. Akhir, “Studi Performa Vertical-Axis Wind Turbine (Vawt) Sebagai Pembangkit Energi Listrik Pada Floating Platform”, Sensistek, Vol. 2, No. 1, Hlm. 8-16, Okt 2019.

H. Palippui and S. Ramadhan, “Analysis of The Strength of Barge Structures in the Load Out Offshore Module (Top Side) Process with SPMT”, zonalaut, vol. 1, no. 1, pp. 1-5, Mar. 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-07

Cara Mengutip

Hidayatullah, H., Marhanisa, S. F., & Tjuti, T. T. (2023). ANALISIS REDAMAN PELAT VERTIKAL BAWAH LAUT PADA STRUKTUR LEPAS PANTAI TIPE SPAR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 19-24. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24266

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan