OPTIMALISASI PRODUKSI PERIKANAN BERKUALITAS BERBASIS DIGITAL YANG AMAN, DAN RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR

Penulis

  • Rifdah Dwinafiah Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Siti Auliya Zahra Hasan Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i2.31731

Kata Kunci:

Kata Kunci : Perikanan, Produksi, Teknologi

Abstrak

Memenuhi permintaan masyarakat akan makanan berkualitas tinggi sangat dipengaruhi oleh produksi perikanan yang baik. Produksi perikanan yang berkualitas dipengaruhi oleh ketersediaan pakan ikan. Dalam konteks ini, sektor perikanan budidaya telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dan memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan akan produk perikanan berkualitas tinggi di seluruh dunia. Namun demikian, diperlukan investasi dalam pengembangan bahan baku lokal dan mengurangi ketergantungan pada impor untuk mengatasi masalah ketersediaan bahan baku pakan ikan, terutama tepung ikan. Dalam upaya ini, sertifikasi tepung ikan akan memastikan kualitas bahan baku pakan ikan, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas produksi perikanan secara keseluruhan. Selain itu, penggunaan teknologi digital dalam sektor perikanan telah memainkan peran penting dalam meningkatkan produksi, memastikan keberlanjutan lingkungan, dan mendukung ekonomi masyarakat pesisir. Namun, pemerintah, petani perikanan, dan pihak terkait lainnya harus bekerja sama untuk mencapai hasil terbaik. Pemanfaatan teknologi ini juga didorong oleh pembangunan infrastruktur digital, pendidikan, dan pelatihan. Perikanan memiliki potensi besar untuk menjadi kekuatan ekonomi yang berkelanjutan, menjaga keberlanjutan lingkungan, dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat pesisir dan orang-orang di seluruh dunia dengan memadukan produksi perikanan berkualitas tinggi, pengembangan bahan baku lokal, dan penerapan teknologi digital yang bertanggung jawab. Kesimpulannya, perikanan berkualitas tinggi yang aman dan ramah lingkungan berbasis digital adalah langkah penting untuk mencapai tujuan ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kwarta, Agung. Aspek Digitalisasi dalam Peningkatan Marketing pada Perusahaan Jasa Angkutan Laut.

Fajar, J. (2021). Pakan Ikan, Dilema Produksi dalam Negeri atau Impor.

M. Riyadh, “Fish Terminal Design To Reduce Fishermen Operation Costs In Banda Island”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 1, no. 1, pp. 10-16, Feb. 2022.

Kadarusman, S.W. (2019). Sumber Daya Hayati Maritim. Seri Buku 2. Amafrad Press.

Ilyas, Dkk. (2023). Reduksi Kemiskinan Dengan Mengoptimalkan Digitalisasi Ekonomi Maritim Di Provinsi Sulawesi Tenggara. Universitas Halu Oleo. Sulawesi Tenggara

A. M. S. Arif And N. F. Hamdi, “Abrasion Control Of Tumpaan Beach, Amurang, South Minahasa, North Sulawesi Using Bamboo Frame Geobag Pegar”, Sensistek, Vol. 5, No. 2, Pp. 138-142, Nov. 2022.

S. Bur, M. Akbar, L. Patiung, A. R. Fauzan, M. Fattah, And M. Fajrin, “Kebijakan Ekonomi Kelautan Terhadap Pengembangan Sumberdaya Manusia”, Sensistek, Vol. 5, No. 1, Pp. 57-60, Jun. 2022.

I. Bawias and F. Lungari, “The Effect of Locations Adjacent to Other Countries on the Development of Fishery Technology in the Sangihe and Talaud Islands ”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 2, no. 2, pp. 61-65, Jun. 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Dwinafiah, R., & Hasan, S. A. Z. (2023). OPTIMALISASI PRODUKSI PERIKANAN BERKUALITAS BERBASIS DIGITAL YANG AMAN, DAN RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(2), 141-146. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i2.31731

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan