ANALISIS DEFORMASI PELAT BERPENEGAR PADA SEKAT MEMBUJUR KAPAL DOUBLE HULL OIL TANKER

Authors

  • Ummy Qalsum Parantean Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Zubair Muis Alie Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Juswan Juswan Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12988

Keywords:

Kata Kunci: Deformasi, Double hull, Stiffener, ANSYS™, Metode elemen hingga

Abstract

Pada kondisi tekan bagian lambung kapal sangat rawan terhadap kegagalan struktur yang timbul akibat buckling(tekuk), walaupun dalam kondisi tersebut tegangan yang bekerja di bawah dari tegangan izin. Penelitian dilakukandengan tujuan menganalisa deformasi yang terjadi pada pelat berpenegar kapal Double Hull Oil Tanker. Analisis yangdilakukan dalam penelitian ini adalah melalui metode elemen hinnga dengan cara memodelkan pelat berpenegardengan tiga stiffener dengan jarak gading 600 mm dan kondisi syarat batas jepit keliling. Pemodelan dan runninganalysis dilakukan dengan menggunakan software ANSYS™. Hasil deformasi pelat yang didapatkan adalah padakondsi tarik sebesar 0,001848 mm atau 1,848x10-6 meter sedangkan pada kondisi tekan sebesar 0,001848 mm atau1,848x10-6 meter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghayere, A., and Vigil, J., 2009, Structural Steel Design, United States of America.

Servis, D., Voudourious, G., Smuelides, M. and Papanikolau, A., 2003, Finite element modelling and strength analysis of hold No. 1 of bulk carriers, Journal of Marine Structures Vol. 16, pp 601-626.

Szilard, R., 1974, Teori dan Analisis Pelat: Metode Klasik dan Numerik, Erlangga, Jakarta www.maritimeworld.web.id. Apa yang dimaksud dengan Double Hulls, Diakses 6 Maret 2018, 07:07 AM.

Published

2018-09-17

How to Cite

Qalsum Parantean, U. ., Zubair Muis Alie, M. ., & Juswan, J. . (2018). ANALISIS DEFORMASI PELAT BERPENEGAR PADA SEKAT MEMBUJUR KAPAL DOUBLE HULL OIL TANKER. SENSISTEK:Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 1(1), 96-99. https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12988

Issue

Section

Ocean Technology