IDENTIFIKASI KESELAMATAN KERJA KEGIATAN BONGKAR MUAT IKAN DI PELABUHAN PAOTERE

Authors

  • Irfaniyanti Irfaniyanti Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Taufiqur Rachman Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Chairul Paotonan Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13225

Keywords:

Kata kunci: Kecelakaan kerja, Kapal ikan, Pelabuhan Paotere

Abstract

Salah satu dermaga di Pelabuhan Paotere melayani aktivitas bongkar muat hasil tangkapan ikan nelayan di daerah sekitar perairan Makassar. Kegiatan bongkar-muat kapal ikan memiliki banyak potensi terjadinya kecelakaan kerja yang dikhawatirkan dapat menimbulkan korban jiwa. Kecelakaan yang paling sering terjadi yaitu terjatuhnya ABK akibat kondisi dek kapal yang licin. Setiap harinya pada proses kegiatan bongkar muat ikan terjadi kecelakaan kerja berupa terjatuhnya ABK pada saat proses bongkar muat ikan di kapal. Kondisi ini terjadi akibat kurangnya perhatian ABK dan pemilik kapal terhadap keselamatan kerja pada proses bongkar muatan kapal ikan. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah diatur dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1970, yakni kewajiban pimpinan perusahaan terhadap pekerja dalam merealisasikan keselamatan kerja. Kajian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menimbulkan potensi kecelakaan kerja pada saat proses bongkar-muat ikan. Manfaat kajian ini adalah memberi pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya keselamatan ABK dalam proses bongkar-muat ikan. Metode penelitian kualitatif diterapkan dengan melakukan pengamatan langsung objek penelitian dan wawancara denganpihak pengelola pelabuhan, pemilik kapal dan ABK. Angka kecelakaan kerja dalam proses aktivitas bongkar muat kapal ikan dapat diminimalisir dengan penggunaan perangkat keselamatan kerja, diantaranya rubber mat pada dek kapal dan pemakaian alat pelindung diri oleh ABK seperti sepatu karet dan sarung tangan. Potensi kecelakaan kerja lainnya yaitu cedera punggung akibat kesalahan dalam teknik mengangkat muatan hasil tangkapan ikan. Hal ini bisa dihindari dengan memperhatikan teknik mengangkat dan memindahkan barang yang benar, yakni diagonal lift.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS, 2019, Kota Makassar Dalam Angka, Badan Pusat Statistik, Makassar

Creswell, J.W., 2012, Pendekatan kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Darbra, R.-M., and Casal, J., 2004, Historical Analysis of Accidents in Seaports, Safety Science, 42(2), 85–98. http://doi.org/10.1016/S0925-7535(03)00002-X

International Maritime Organization, 2007, Formal Safety Assesment, Consolidated text of the Guidelines for Formal Safety Assesment (FSA) for use inthe IMO rule-making rocess(MSC/Circ. 1023-ME c?Circ.392), Maritime Safety Committe, London (GB).

Lestari, D., Purwangka, F. dan Iskandar, B. H., 2017, Identifikasi Keselamatan Kerja Kegiatan Bongkar Muat Kapal Purse Seine di Muncar, Banyuwangi, Bogor.

Lincoln, J. et al, 2002, Proceedings of the International Fishing Industry Safety and Health Conference, U.S. Department of Health and Human Services, Public Health Service, Center for Disease Control and Prevention, National Institute for Occupational Safety and Health, Occupational Health Program, Department of Environmental Health, Harvard School of Public Health. Massachusetts, U.S.A.

Rinaldy, F., 2016, Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja Nelayan, Bandung Undang-Undang No. 1 tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per.08/MEN/VII/2010 Wardoyo, A.B, 1997, Waspadai Ancaman Kesehatan Kita, Aneka Ilmu, Solo

Published

2019-10-01

How to Cite

Irfaniyanti, I., Rachman, T., & Paotonan, C. (2019). IDENTIFIKASI KESELAMATAN KERJA KEGIATAN BONGKAR MUAT IKAN DI PELABUHAN PAOTERE. SENSISTEK:Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 2(1), 92-98. https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13225

Issue

Section

Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan dan Transportasi Laut