Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) dan Serai (Cymbopogon citratus) dalam Air Minum Terhadap Persentase Bobot Usus Halus Ayam Buras

Authors

  • Jalaluddin J Mahasiswa Program Strata Satu, Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin
  • Nancy Lahay Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, FakultasPeternakan, Universitas Hasanuddin
  • A. Mujnisa Departemen Nutrisi dan Makanan Ternak, FakultasPeternakan, Universitas Hasanuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi ekstrak tanaman serai (Cymbopogon citratus) dan daun kelor (Moringa oleifera) dalam air minum terhadap persentase bobot usus halus (duodenum,jejenum dan ileum) ayam buras. Perlakuan pada penelitian ini terdiri dari : kontrol (P0); ekstrak daun kelor 40%+ekstrak serai 25% (P1); ekstrak daun kelor 40%+ekstrak serai 30% (P2); ekstrak daun kelor 40%+ekstrak serai 35% (P3) dan ekstrak daun kelor 40%+ekstrak serai 40% (P4). Parameter yang diamati pada penelitian ini persentase bobot usus halus (duodenum, jejenum dan ileum). Hasil penelitin menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) dengan konsentrasi 40% dan tanaman serai (Cymbopogon citratus) dengan konsentrasi 25% hingga 40% dalam air minum tidak mempengaruhi persentase bobot duodenum, jejenum dan ileum ayam buras.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

J, J., Lahay, N. and A. Mujnisa (2023) “Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) dan Serai (Cymbopogon citratus) dalam Air Minum Terhadap Persentase Bobot Usus Halus Ayam Buras”, Buletin Nutrisi dan Makanan Ternak, 17(2), pp. 74-80. Available at: https://journal.unhas.ac.id/index.php/bnmt/article/view/32054 (Accessed: 30April2024).

Issue

Section

Articles