Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Hugo Itamar Hasanuddin University
  • Andi Samsu Alam Hasanuddin University
  • Rahmatullah Rahmatullah Hasanuddin University

Keywords:

strategy, development, tourism

Abstract

Abstract: This research describes tourism development strategy planned and undertaken by the department of cultural and tourism basic strategy is multi-plier effect, strategy associated with interset management tourism, the association and product development, monitor marketing strategy, development strategy human resources, spatial tourist development strategy, development strategy distribution tourism sector. Where from 7 this strategy has been implemented in time 2011-2016. There are however strategy not run maximally so desired results have not reached well. Then nature, culture, the community, tourism, and promotion tourist market being stalwart tourism Tana Toraja. The road, facilities, human resources, law and the legal basis, the management of tourism, a factor that block the implementation of the tourism development in the Tana Toraja

Keywords: strategy, development, tourism

Abstrak: 

Penelitian ini menggambarkan tentang strategi  pengembangan pariwisata yang  direncanakan dan dilakukan oleh dinas kebudayaan dan  pariwisata  yaitu  strategi  dasar yang bersifat multiplier effect, strategi terkait dengan pengelolaan interset pariwisata, strategi keterkaitan dan pengembangan produk, strategi pemantapan pemasaran, strategi pengembangan sumber daya manusia, strategi spasial pengembangan wisata, strategi pengembangan pariwisata bidang distribusi. Dimana dari 7 strategi ini telah dilaksanakan dalam waktu 2011-2016. Akan tetapi ada strategi yang belum   berjalan   maksimal   sehingga hasil yang diinginkan belum tercapai dengan baik. Kemudian Alam, budaya, masyarakat, objek wisata, dan promosi pasar wisata menjadi pendukung pariwisata  Tana  Toraja.  Akses  jalan, sarana, sumber daya manusia, peraturan dan landasan hukum, pengelolaan objek wisata ,menjadi faktor yang menghambat jalannya pelaksanaan strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Tana Toraja.

Kata kunci: strategi, pengembangan, pariwisata 

 


References

Bryson, John. (2007). Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Huda, Ni’matul. (2005). Otonomi Daerah: Filosofi, Sejarah dan Perkembangannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ida Bagus Wijaya Saputra, dkk, (2001). Hukum Bisnis Pariwisata. Bandung: Refrika Aditama.

Radiawan, Hari., Soepono, Sri Saadah., dan Hartati. (1997/1998). Pengembangan Jaringan Ekonomi di Kawasan Pariwisata. Jakarta: CV Bupara Nugraha.

Pitana I Gede, Diarta I Ketut Surya. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Edisi pertama.

Siagian, Sondang. (1995). Manajemen Strategis. Jakarta: Bumi Aksara Suwarjono.

Muhammad. (2000). Manajemen Strategik. Konsep dan Kasus. Yogtakarta: YKPN.

Soekadijo, R.G., (2001). Anatomi Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sunaryo, Bambang. (2013). Kebijakan pembangunan destinasi pariwisata konsep dan aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Suwantoro, Gamal. (2004). Dasar- dasar pariwisata. Yogyakarta: Andi offset.

Suwantoro. (2007). Pariwisata. Jakarta: Edisi Pertama Kepustakaan Populer Gramedia.

Warpani P. Suwarjoko, Warpani P. Indira. (2007). Pariwisata dalam tata ruang wilayah. ITB Bandung.

Widyasmi, Kartika. (2012). Strategi Pengelolaan Pariwisata Bahari di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. Serang: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Yoeti, Oka A. (1982). Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: Angkasa Bandung.

Peraturan-Peraturan:

UU No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Peraturan Daerah Kabupaten Tana Toraja Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Tana Toraja

Peraturan Daerah Kabupaten Tana Toraja Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tana Toraja Tahun 2011-2030.

Downloads

Published

2016-12-27

Issue

Section

Articles