Kemitraan Pemerintah Dan Swasta Dalam Pembangunan Bandara Swadaya Sangia Nibandera Kabupaten Kolaka

Andi Yanti Tenri Uji

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan konsep kemitraan dalam pembangunan bandara Swadaya di Kabupaten Kolaka, dengan melihat dari mekanisme, struktur dan insentif dari kemitraan.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari pelaksanaan kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Kolaka dan Swasta dalam Pembangunan Bandar Udara Swadaya Sangia Nibandera di Kabupaten Kolaka diihat dari mekanisme, struktur dan insentif terlaksana dengan baik dan efektif. Dari pelaksanaan kemitraan ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kolaka dengan meningkatnya pendapatan dan juga memudahkan masuknya Investor di Kabupaten Kolaka.

References

Dikun, Suyono. 2005. ―Pengembangan dan Pengelolaan Infrastruktur.‖ Bunga Rampai Pembangunan Kota Indonesia Dalam Abad 21, Konsep dan Pendekatan Perkotaan di Indonesia. URDI-YSS-Jakarta:LPFE-UI.
Ditjen P2M & PL. 2004.Pelatihan Manajemen P2L & PL Terpadu Berbasis Wilayah Kabupaten/Kota Membina Kemitraan Berbasis Institusi. Depkes RI.
Hindersah, Hilwati. 2003. ―Prospek Kemitraan Pemerintah Swasta dalam Penyelenggaraan Pelayanan Infrastruktur.‖ Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Nomor 03/Tahun ke-3.
Kumorotomo, Wahyudi. 1999. ―Kemitraan Usaha sebagai Alternatif dalam Pembiayaan Sektor Publik di Daerah‖. Dalam Jurnal Sosial-Politik, Volume 3, Nomor 1, Juli
Muhammad, Fadel dan Mahmudi, (2006). ―Tantangan dan Peluang Pemerintah Daerah Dalam Penanggulangan Kemiskinan,‖ Jurnal UNISIA No. 59/XXIX/I/2006.
Notoadmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Osborne, David dan Ted Gaebler. 1992. Mewirausahakan Birokrasi: Reinventing Government (terj.). Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Osborne & Peter Plastrik dalam Mustopadidjaja, AR, ―Paradigma-Paradigma Pembangunan: Dan saling hubungannya dengan model, strategi, dan kebijakan dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan‖, Jakarta, 2003.
Provan, Keith G. and Milward H.Brinton, Governing the Hollow State (Journal of Public Administration Research and Theory), 364/J.Part.10, April, 2000.
Rukmana, Nana et al. (eds.). 1993. Manajemen Pembangunan Prasarana Perkotaan, Jakarta: LP3ES.
Sugiyono, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.
Soedjito, Bambang Bintoro. 2005. ―Peran Serta Swasta dalam Pembangunan Infrastruktur: Kerangka Kebijakan, Pengaturan dan Kelembagaan‖ Bunga Rampai Pembangunan Kota Indonesia Dalam Abad 21, Konsep dan Pendekatan Perkotaan di Indonesia. URDI-YSS-Jakarta:LPFE-U.
Soesilo, Nining L. 2000. Reformasi Pembangunan dengan Lankah-langkah Manajemen Strategik, Jakarta: Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, FE - UI.
Internet :
http://marsono-manajemenpublik.blogspot.com/2008/10/konsep-dan-model-kerjasama-kemitraan.html
www.KPPOD.org (Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah Regional Autonomy Watch).

Authors

Andi Yanti Tenri Uji
yantiujhi35@yahoo.co.id (Primary Contact)
Uji, A. Y. T. (2016). Kemitraan Pemerintah Dan Swasta Dalam Pembangunan Bandara Swadaya Sangia Nibandera Kabupaten Kolaka. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 1(2), 169-182. https://doi.org/10.31947/jakpp.v1i2.1025
Copyright and license info is not available

Article Details