Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara)

Authors

  • Muhammad Firyal Akbar Program Studi Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Keywords:

Evaluasi Kebijakan, Program Pendidikan, Biaya Operasional Sekolah (BOS)

Abstract

Berbagai kendala dalam program pemberian dana BOS di Kabupaten Mamuju Utara. Penelitian ini bertujuan
untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan hasil evaluasi pelaksanaan dari program pemberian
dana bantuan operasional sekolah (BOS ) pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara, dengan
melihat atau mengukur evaluasinya menggunakan Kriteria evaluasi seperti efektifitas, kecukupan, perataan,
responsivitas dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan Metode atau pendekatan kualitatif dengan desain
penelitian studi kasus, adapun yang menjadi kasus dalam penelitian ini yaitu kasus yang menjadi rumusan
masalah peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan) langsung dilapangan,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara Purposive, dengan
melihat kesesuaian antara calon informan dengan informasi yang dibutuhkan. Data dianalisis dengan reduksi
data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menujukkan bahwa dari hasil evaluasi
program pemberian dana bantuan operasional sekolah pada sekolah dasar di Kabupaten Mamuju menunjukkan
bahwa program ini sudah dijalankan dengan cukup baik dan dapat dilanjutkan, namun begitu masih
ada catatan yang menjadi kekurangan dan kelemahan dalam program ini sehingga diperlukan kajian ulang
untuk keberhasilan dan kemaksimalan dari tujuan program dana BOS itu sendiri.

                                            Abstract
Various problems in the school operational funds program in North Mamuju regency .This study aims to
evaluate of the implementation of a program of school operational funds (known as BOS) at the elementary
Schools in North Mamuju. The variables of this study are effectiveness, adequacy, alignment, responsiveness
and accuracy. This study use qualitative method or approach to the design of case study research,
as for that being the cases in this study is the case that the formulation of the research problem. Data was
collected by observation in the field, in-depth interviews, and documentation. The determination of conducted
purposive informant, the informant saw the fit between a candidate with the required information.
Data were analyzed with data reduction, data display, and draw conclusions. This study was shows that
the evaluation of the results of operational assistance grant program at the school in elementary school
Mamuju shows that this program is executed quite well and can continue, but there is still a record to be
flaws and weaknesses in the program so it is necessary to review it maximize of success and goals of the
program itself BOS.

 

 

References

Agustino, Leo. (2008). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan.( 2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Dunn, William, (2003). Analisis Kebijakan Publik, Jogjakarta : Gadjah Mada University.

Haqim, Luqmanul. (2007) . Analisis pemantauan outcome program Bantuan operasional (bos) Di madrasah tsanawiyah gresik. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Hutasuhut, Mustika Sastia. (2010). Evaluasi pelaksanaan program bantuan operasional sekolah di sekolah dasar negeri no. 125549 kelurahan martoba kecamatan siantar utara pematangsiantar. Medan : USU

Karding, Abd. Kadir. (2008). Evaluasi pelaksanaan program Bantuan operasional sekolah ( BOS ) Sekolah menengah pertama negeri Di kota semarang. Semarang : Universitas Diponegoro

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010) . Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah. Jakarta : Kemendiknas

Nugroho,Riant.(2009). Public Policy. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.

Peraturan Pemerintah, RI No 48 Tahun (2008). Tentang Pendanaan Pendidikan. Jakarta: Pemerintah RI.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun (2010). Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dan Laporan Keuangan Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2011. Jakarta: Kemendiknas

Subarsono, (2005). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, (2004). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Bagi Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Wibawa, Samodra, dkk, (1994). Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winarno, Budi, (2004). Teori dan Proses Kebijakan Publik, Edisi/Cetakan Kedua. Jogjakarta: Media Pressindo,

Winarno, Budi. (2012). Kebijakan Publik, teori,proses dan studi kasus. Jakarta : CAPS. PT. Buku Seru.

Wirawan.(2012).Evaluasi,Teori,Model,Standar,Aplikasi dan Profesi. Jakarta : Rawjawali Press.

Yusuf, Farida. (2008). Evaluasi Program Dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2017-03-17

Issue

Section

Articles