Implementasi Program Sikolata’ (Studi Program Upaya Pemberentasan Buta Aksara Abjad, Hijaiyah dan Lontara Masyarakat di Lingkungan Katumpong Kabupaten Bone)

Elina Lestari Saputri

Abstract

Program Sikolata’ sebagai program pengabdian masyarakat dengan melihat permasalahan berupa apa sajakah yang dapat dilakukan dalam mencegah permasalahan tingginya buta aksara di kabupaten Bone khususnya di lingkungan Katumpong, dan kemudian bagaimana cara mengajak masyarakat untuk belajar agar terbebas dari buta aksara. program Sikolata’ diusulkan sebagai wujud pengabdian masyarakat bertujuan sebagai solusi dan upaya dalam mengurangi tingkat buta aksara di lingkungan Katumpong kabupaten Bone, dan sebagai sarana untuk mengajak masyarakat belajar sehingga dapat mengurangi angka buta aksara, sekaligus menjadi jalan untuk masyarakat menjadi lebih cerdas sesuai dengan cita-cita negara. Adapun metode pengabdian yang digunakan ada tiga yakni tehnik penyuluhan, metode pelatihan dan pendampingan IPTEK. Dan adapun luaran dari program yakni tersedianya ruang pendidikan Non-Formal, tersedianya perpustakaan mini dan pengadaan  artikel ilmiah sebagai penjewantahan program secara orisinal. Kata kunci: Sikolata, Buta Aksara, Pengabdian masyarakat. 

Authors

Elina Lestari Saputri
Elinalestarisaputri01@gmail.com (Primary Contact)
Saputri, E. L. (2020). Implementasi Program Sikolata’ (Studi Program Upaya Pemberentasan Buta Aksara Abjad, Hijaiyah dan Lontara Masyarakat di Lingkungan Katumpong Kabupaten Bone). JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 5(2). https://doi.org/10.31947/jakpp.v5i2.4449
Copyright and license info is not available

Article Details