Analisis Product Differentiation, Price Decisions, Product Quality Terhadap Kuatnya Motif Repeat Purchase (Studi Kasus Pada Bisnis Ayam Geprek Silemu)
Keywords:
Repeat purchase, Product differentiation, Price decisions, Product Quality, Food & BeverageAbstract
Persaingan bisnis dibidang food & beverage yang semakin kompetitif membuat pelaku bisnis harus memberikan nilai tambah pada produk dan bisnisnya. Hal ini digunakan untuk menciptakan konsumen baru maupun mempertahankan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh perbedaan produk, keputusan harga dan kualitas produk terhadap pembelian ulang pada konsumen Ayam Geprek Silemu. Data survei dikumpulkan dari 117 konsumen Ayam Geprek Silemu dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Product Differentiation, Price Decisions dan Product Quality berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Repeat Purchase. Penelitian ini didasarkan pada pengumpulan data primer dan interpretasinya.References
Abdillah, Willy, & Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis.
Amalia, S., & Asmara, M. O. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 666. www.wikipedia.org
Anam, J., Sany Sanuri, B. M. M., & Ismail, B. L. O. (2018). Conceptualizing the relation between halal logo, perceived product quality and the role of consumer knowledge. Journal of Islamic Marketing, 9(4), 727–746. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2017-0019
Broto, V., & Wenas, R. (2016). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Agya Pada Pt.Hasjrat Abadi Cabang Bitung. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 154–163.
Budhathoki, N. (2018). Customer Satisfaction in Restaurant Services Case-Friends and Burgers. International Sales & Marketing. Haaga-Helia
Carricano, M. (2014). Pricing myopia: Do leading companies capture the full value of their pricing strategies? Management Decision, 52(1), 159–178. https://doi.org/10.1108/MD-03-2013-0184
Davcik, N. S., & Sharma, P. (2015). Impact of product differentiation, marketing investments and brand equity on pricing strategies: A brand level investigation. European Journal of Marketing, 49(5–6), 760–781. https://doi.org/10.1108/EJM-03-2014-0150
Dejawata, T. B. (2014). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan âCake in Jarâ Cafe Bunchbead Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 17(2), 1–8.
Ezar, G., & Kohardinata, C. (2018). Dampak Packaging dan Product Quality terhadap kepuasan konsumen pada produk sambal Dapoer Kuno. 2. Manajemen & Start-up bisnis Universitas Ciputra Surabaya.
Hussain, M. (2017). The Determinants of Repeat Purchase Intention for Luxury Brands among Generation Y Consumers in Malaysia. Asian Social Science, 13(9), 125. https://doi.org/10.5539/ass.v13n9p125
Ilat, L. V, & Parengkuan, T. (2018). Analisis Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Ulang Pada Ukm Dâcendol 77 Di Eic Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21029
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. (2012). Marketing Management. Global 14th Edition.London:Pearson.
Kurniawan, A., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. 65-74
Lumanauw, B., Lapian, J., & Putra, A. (2014). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Minat Membeli Kembali Voucher Isi Ulang Telkomsel. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 428–437.
Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304
Prastanti, N. D., Kusyanti, A., & Perdanakusuma, A. R. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Smartphone Dengan Menggunakan Metode Structural Equation Modeling ( SEM ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(10), 1152–1161.
Santoso, S. (2018). Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 24. Kompas Gramedia. 119-154.
Saputra, S.T., Hidayat,K., Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Malang: Fakultas Ilmu Komunikasi
Sari, Y. (2018). Analisis Penentuan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Yang Dihasilkan Pada Ud Maju. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.31289/jab.v4i1.1549
Simamora, F. N. (2018). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. 1, 68–79.
Suroto, R. A., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2018). Store Environment Terhadap Pembelian Kembali Melalui Kepuasan Konsumen Pada the Body Shop Manado Town Square the Influence of Green Product , Serviceperson Customer Orientation , and Store Environment on Repurchase Intention Through Customer Satisfaction. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, 6(4), 2978–2987.
Wahyuni, S. R. I. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Word of Mouth , dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Mahasiswa Febi Iain Purwokerto ) Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
Wang, E. S. T. (2013). The influence of visual packaging design on perceived food product quality, value, and brand preference. International Journal of Retail and Distribution Management, 41(10), 805–816. https://doi.org/10.1108/IJRDM-12-2012-0113
Warta, M. (2018). Industri Makanan dan Minuman Menjadi Sektor Andalan di 2018. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1058746/industri-makanan-dan-minuman-menjadi-sektor-andalan-di-2018
Watson, I., Wood, S., & Fernie, J. (2015). “Passivity”: A model of grocery retail price decision-making practice. European Journal of Marketing, 49(7–8), 1040–1066. https://doi.org/10.1108/EJM-01-2014-0047
Wong, K. K. K.-K. (2013). 28/05 - Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32. http://marketing-bulletin.massey.ac.nz/v24/mb_v24_t1_wong.pdf%5Cnhttp://www.researchgate.net/profile/Ken_Wong10/publication/268449353_Partial_Least_Squares_Structural_Equation_Modeling_(PLS-SEM)_Techniques_Using_SmartPLS/links/54773b1b0cf293e2da25e3f3.pdf
Yusrizal. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) DI Provinsi ACEH. 3(2), 1.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publising. 96-97
Pongantung, E., Tumbuan, W., & Wenas, R. (2017). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Departement Store Mega Trade Center Manado. 5(2), 1392–1401.
Wilar, O., Worang, F., & Soepeno, D. (2017). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Pt. Bank Central Asia, Tbk. Kantor Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 3845–3854.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.