TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Authors

  • Dahlia Bahri STIE Yapman Majene
  • Wahyuni Sakka STIE Yapman Majene

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i3.10709

Keywords:

Tingkat Pendidikan, Motivasi Kerja , Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMK Negeri 1 Majene.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diduga tingkat pendidikan lebih dominan berpengaruh terhadap kinerja guru. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada SMK Negeri 1 Majene diambil sebagai responden yakni berjumlah 48 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada metode deskriptif kuantitatif.Dalam penelitian ini menggunakan tiga instrumen penelitian yaitu pengamatan yaitu pengamatan (observasi), wawancara (Interview), kuisioner, dan dokumentasi. Data diolah dengan aplikasi SPSS 24.0. berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru, baik itu secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchori .Metode Analisis Data Sosial. Kediri: Jenggala Pustaka Utama, 2012.

Departemen Agama RI, Peraturan Perundang Perwakafan, Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam, 2007

Hamalik, Oemar. 2009. Manajemen Pendidikan. Ketenaga kerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu. 2010. Manajemen SDM. Jakarta: Bumi Aksara

Ikhsan dkk. 2008. Efek Beban Kerja, Pengalaman Kerja, Status Sekolah, dan Sertifikasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMA Kota Sambas. Pontianak:Universitas Tanjung Pura.

Mulyasa, 2009.Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Notoatdmojo, S. 2012. Metodologi Penelitian Manajemen. Cetakan Ketiga, Jakarta : Rineke Cipta

Peraturan Mendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto.Penilaian Kinerja Profesi Guru dan AngkaKreditnya. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Saudagar, Fachruddin dan Ali Idrus.Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.

Soedarmayanti. 2011. Prestasi dalam Pengembangan Pemberdayaan dan Pendayagunaan Pegawai. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sumitro.2008 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sikula dan Mangkunegara 2013.Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Kepegawaian, Penerbit Gunung Agung, Jakarta

Saondi.Ondi dan Suherman, Aris. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung:Rafika Aditama

Tirtaharja dan La Sulo, 2010.Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan.Jakarta : Bumi aksara

Yamin, Martinis dan Maisah.2010. Standarisasi Kinerja Guru.Jakarta: Gaung Persada.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Bahri, D., & Sakka, W. (2021). TINGKAT PENDIDIKAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(3), 298-311. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i3.10709

Issue

Section

Articles