PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN UMKM BERDASARKAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, PENGETAHUAN PEMASARAN DAN KEADAAN LINGKUNGAN

Authors

  • Anugrah Lutfi Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
  • Firmansyah Institut Bisnis dan Keuangan Nitro

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i2.13977

Keywords:

Entrepreneurial orientation, marketing knowledge competency, state of the environment , marketing performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, kompetensi pengetahuan pemasaran dan keadaan lingkungan terhadap peningkatan kinerja industri pemasaran UKM sektor kuliner di Kota Maros. Jumlah Sampel di dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang pengusaha yang terdaftar di di koperasi makanan kuliner dan UKM Dinas Provinsi Sulawesi Selatan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebar keseluruh responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, 2) Kompetensi pengetahuan pemasaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja, 3) Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anugrah Lutfi, Institut Bisnis dan Keuangan Nitro

Anugrah Lutfi, Institut Bisnis dan Keuangan Nitro

Firmansyah, Institut Bisnis dan Keuangan Nitro

Firmansyah, Institut Bisnis dan Keuangan Nitro

References

Barret, Hilton., Joseph L Ballloun., Art Weinstein, 2000, “Marketing Mix Factors As Moderators Of The Corporate Entrepreneurship-Business Performance Relationship-A Multistage, Multivariate Analysis”, Journal of Marketing Theory, Vol.8, No.2

Darmanto, Runing, H.S., Harsono, M. & Haryono, T. (2014). The relationship between strategy orientation and marketing performance: The role of organizational change capability. American International Journal of Contemporary Research, Vol. 4, No. 1

Ferdinand, Augusty. (2000). “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategy”. Research Paper Series. No. 01 Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Hitt, Michael A. Et al., 2001. Manajemen Strategis: Daya Saing dan Globalisasi; Konsep. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Lucas, Bryan.A., and O.C.Farrel, 2000, The Effect of Marketing Orientation on Product Inovation, Journal of The Academy Marketing Science. No. 2 Vol. 28

Morris, Lewis, 2002. Entrepreneurial Making: A Construct for Integrating Emerging Entrepreneurship and Marketing perspective. Journal of marketing, 10(4) : 1-19.

O’Shannassy (2008). Sustainable Competitive advan-tage or Temporary Competitive Advantage Improving Understanding of an Important Strategy Construct, Journal of Strategy and Management. 1(2), pp. 168–180.

Pearce II, John A. Dan Robinson Richard B. Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta.

Porter, Michael E. 2008. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Bandung: Karisma Publishing Group

Rapatata (2014), Top 50 Bisnis Kuliner Unik Super Kreatif. Cetakan Ke 1. Penerbit: Plus + (Penebar Swadaya Group). Jakarta.

Schindehutte, M. Morris, M.H, & Kuratko, D.F,2000. Triggering Events, Corporate Entrepreneurship and The Marketing Function’, Journal of Marketing Theory and Practice.

Sri Lastanti, Hexana. 2005. Tinjauan Terhadap Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik : Refleksi Atas Skandal Keuangan. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi Vol.5 No.1 April 2005. Hal 85-97

Sugiarto, E.C. (2013, Juli). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia: Ekonomi Kreatif Batik, Penggerak Ekonomi Kerakyatan. Retrieved August 13, 2014 fromhttp://old.setkab.go.id/artikel-9585-ekonomi-kreatif-batik-penggerak-ekonomi-kerakyatan.html

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung Alfabeta.

Suryanita, Andriyani (2006). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Kompetensi Pengetahuan Terhadap Kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis Analisis Manajemen 2011.

Tsai, Ming-Tien and Shih, Chia Mei. (2004). The Impact of Marketing Knowledge AmongManagers and Business Performance.International Journal of Management. Vol. 21.

Widodo, (2008), “Meningkatkan Kinerja Pemasaran Dengan Kreativitas Strategi”, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 1 No. 2, Agustus – September 2008, Hal. 151 –175.

Yeoh, P. L &Jeong, I, 1995, “Contingency Relationship Between Entrepreneurship Export Channel Structure and Environment; A Proposed Conceptual Model of Export Performance”, European Journal of Marketing.

Zaman, K., Neelum, J., Asma, A., and Samina, B. 2012. Impact of Internal Marketing on Market Orientation and Business Peformance. International Journal of Business and Social Science. Vol3, No12,Hal 76–87

Downloads

Published

2021-10-18

How to Cite

Lutfi, A., & Firmansyah. (2021). PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN UMKM BERDASARKAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, PENGETAHUAN PEMASARAN DAN KEADAAN LINGKUNGAN. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(2), 86-102. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i2.13977

Issue

Section

Articles