ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU

Authors

  • Mochammad Yusa Universitas Bengkulu
  • Asep Sofwan F. Alqap Universitas Bengkulu
  • Helmizar Universitas Bengkulu
  • Nurul Hidayati Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i2.14104

Keywords:

Kepuasan Mahasiswa; Pelayanan Akademik; Analisis Faktor; Fakultas Teknik; Universitas Bengkulu;

Abstract

Pelayanan yang prima merupakan aspek penting penentu keberhasilan komersial, terutama pada organisasi yang bergerak dalam bidang jasa. Pelayanan yang prima menjadi ujung tombak dalam menangkap peluang dan memahami konsumen atau klien yang akan menggunakan jasa yang ditawarkan. Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pelayanan yang diterapkan dalam lingkungan fakultas dalam melayani pelanggan dimana dalam hal ini pelanggan tersebut adalah mahasiswa. Kepuasan terhadap layanan akademik merupakan hal yang perlu diperhatikan demi mencapai layanan yang berkulaitas yang menjamin kepuasan mahasiswa sebagai stakeholder utama dalam organisasi jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan akademik Fakultas Teknik Universitas Bengkulu dan (2) kualitas layanan akademik Fakultas Teknik Universitas Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey analitik, yang menggambarkan keadaan melalui analisa data primer dan data sekunder, dan data yang telah terkumpul dalam bentuk angka-angka kemudian akan dihitung menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS), dan hasil dari analisa data, kemudian diuraikan secara diskripsi untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pelayanan akademik di lingkungan FT UNIB.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mochammad Yusa, Universitas Bengkulu

Mochammad Yusa, Universitas Bengkulu

Asep Sofwan F. Alqap, Universitas Bengkulu

Asep Sofwan F. Alqap, Universitas Bengkulu

Helmizar, Universitas Bengkulu

Helmizar, Universitas Bengkulu

Nurul Hidayati, Universitas Bengkulu

Nurul Hidayati, Universitas Bengkulu

References

Fuad, A., & Harisun, E. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akademik (Simak) Di Program Studi Informatika. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 2(1), 1-5.

Gay, LR., Geoffrey E. Mills, & Peter Airasian.2009. Educational Research, Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Pearson Education, Inc

Handayani, R, Yermias T. K, dan Ratminto. 2003. Analisis kepuasan Pemakai terhadap Pelayanan Perpustakaan Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta” Jurnal Sosiosains, Vol 17 No. 2, April 2003.

Hayati, W. O. T., Palilati, A., & Sukotjo, E. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Dan Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO), 2(1), 11-19.

Kanca, I. N., & Dartini, N. P. D. S. (2015). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Akademik Jurusan Penjaskesrek. JURNAL PENJAKORA, 2(2), 1-11.

Kristy, R. D., & Kusuma, W. A. (2018). Analisis tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi universitas muhammadiyah malang. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(1), 17-24.

Kottler, Philips. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Rahareng, V. J., & Relawan, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2).

Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Analisa tingkat kepuasan pengguna dan tingkat kepentingan penerapan sistem informasi djp online dengan kerangka pieces. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 88-94.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Wahyudi, R., & Astuti, E. S. (2013). Pengaruh Kualitas Sistem, Informasi dan Pelayanan SIAKAD Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 28-39.

Yuliawan, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan pegawai administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 126-134.

Downloads

Published

2021-10-18

How to Cite

Yusa, M., Alqap, A. S. F. ., Helmizar, & Hidayati, N. . (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BENGKULU. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 18(2), 103-118. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i2.14104

Issue

Section

Articles