ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING PADA PENGUNJUNG TOSERBA YOGYA BOJONGSOANG BANDUNG

Authors

  • Leny Lebang Universitas Telkom Bandung

Abstract

Pembelian impulsif merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli produk atau jasa secara tidak terencana.
Sejalan dengan tujuan pemasar, pembelian impulsif berdampak positif terhadap peningkatan penjualan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengunjung Toserba
Yogya Bojongsoang Bandung. Sebanyak 100 responden dipilih secara accidental sampling sebagai sampel penelitian.
Tehnik analisis menggunakan importance-performance analysis, analisis faktor dan analisis regresi berganda. Pengolahan
data menggunakan SPSS for windows version
22.0, dan membentuk tiga faktor yaitu Lingkungan Toko, Promosi Dalam Toko, dan Gaya Berbelanja, dengan Lingkungan
Toko sebagai faktor yang paling dominan. Secara simultan diketahui bahwa variabel Lingkungan Toko (X1), Promosi
Dalam Toko (X2), dan Gaya Berbelanja (X3) mempengaruhi Pembelian Impulsif (Y) dengan Fhitung sebesar 39,116.
Secara parsial ketiga variabel independen tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Hasil
importance-performance analysis menunjukkan atribut-atribut pelayanan yang harus menjadi perhatian utama bagi pihak
manajemen yaitu atribut penawaran toko, harga rendah/diskon, dan karyawan toko.

Published

2017-04-25

Issue

Section

Articles