Strategi Pengambilan Keputusan Untuk Meminimalkan Tunggakan Tagihan Listrik Pasca Bayar PT. PLN

Authors

  • Appin Purisky Redaputri Universitas Bandar Lampung
  • Irman Apriansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bandar Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18329

Keywords:

Faktor Penyebab, ISM, Strategi, Tunggakan

Abstract

Abstrak Penggunaan listrik pascabayar saat ini masih cukup banyak dipertahankan oleh para pelanggan PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) khususnya di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pengadaan (ULP) Karang dimana pelanggan memiliki hak untuk menggunakan listrik terlebih dahulu, dan kemudian wajib membayar atas penggunaan tersebut di bulan berikutnya dengan jatuh tempo yang telah ditentukan. Namun masih banyak pelanggan yang sering menunggak pembayaran tagihan listrik lewat jatuh tempo yang ditentukan lewat dua bulan. Akibat tunggakan yang besar, PLN mengaku kesulitan untuk memenuhi biaya operasionalnya. Maka diperlukan adanya strategi untuk dapat mengurangi tingginya tunggakan listrik pascabayar tertulis. Maksud dari penyelidikan ini ialah untuk mengenali elemen kunci dari faktor penyebab tingginya tunggakan tagihan listrik pascabayar serta menentukan dan memberikan rekomendasi strategi yang perlu dilakukan untuk mengatasi elemen kunci dari faktor penyebab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan melalui observasi langsung dan wawancara terstruktur dengan alat analisis Intrepretive Structural Modeling (ISM). Hasil penelitian ini menunjukkan elemen kunci dari sepuluh faktor penyebab tingginya tunggakan adalah denda atau biaya keterlambatan yang diikuti oleh elemen kunci pendukung diantaranya faktor belum adanya metode sosialisasi yang efektif mengenai pembayaran, keterbatasan jumlah sdm yang khusus menangani tunggakan, serta faktor masih adanya komunikasi yang kurang baik antara petugas dengan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irman Apriansyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bandar Lampung, Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bandar Lampung, Indonesia

References

ARIFIN, M. 2019. “ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PIUTANG DALAM MEMINIMALISIR TUNGGAKAN LISTRIK PASCABAYAR PADA PT. PLN (PERSESO) UNIT INDUK WILAYAH S2JB-UP3 PALEMBANG.” 3.

Aspizain Chaniago, S.Pd, MS. 2015. “Teknik Pengambilan Keputusan. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi.” 3(2).

Darmawan, D. P. 2017. “Interpretative Structural Modelling. Penerbit Elmatera, 116.”

Hariyanto, D., & A, S. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan Menunggak Rekening Listrik Pada PLN Sub Rayon Sentebang. Jurnal Manajemen Motivasi.” 11(1): 585.

M. Oktaviannur, Appin Purisky Redaputri, Meyta Ayunara, Hendri Dunan, HIJ . 2020. “ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI USAHA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN STEAK WAROENG DAN SHAKE BANDAR LAMPUNG.” 4(3): 1–8.

Martini, R., Sriwijaya, PN, Sueb, M., Padjajaran, U., Hidayat, N., Indonesia, UP, Fuadah, L., Sriwijaya, U., Widarsono, A., Indonesia, UP, Tadulako, U ., Winarno, WW, Akuntansi, J., Negeri, P., Akuntansi, J., & Negeri, P. 2018. “EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PADA PDAM KABUPATEN BANYUASIN (Studi Kasus Pada PDAM Banyuasin).” Jurnal Riset Terapan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya, 2.

Mirah, Arie Dharmaputra. 2014. “Penetapan Elemen Kunci Pengembangan Agroindustri Peternakan Dengan Interpretative Structural Modeling (ISM).” ZOOTEC 34(2): 130–38.

Putri, IP. “Strategi Pengembangan Agroindustri Suwar-Suwir Di Kabupaten Jember.”

Redaputri, Appin Purisky, and M Yusuf Sulfarano Barusman. 2018. “Strategi Pembangunan Perekonomian Provinsi Lampung.” Jurnal Manajemen Indonesia 18(2): 86.

Slamet, RA. 2018. “Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Langgang.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 4(1): 1–17.

Yeni Dwi, Astuti. 2016. “ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PT PAMAPERSADA NUSANTARA INDONESIA.” Politeknik Negeri Sriwijaya.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Redaputri, A. P., & Apriansyah, I. (2022). Strategi Pengambilan Keputusan Untuk Meminimalkan Tunggakan Tagihan Listrik Pasca Bayar PT. PLN. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 19(1), 20-33. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.18329

Issue

Section

Articles