Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Dinamika Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Bawang Merah Goreng

Authors

  • Ikawati Karim Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Alim Bahmid Universitas Sulawesi Barat dan Badan Riset Nasional (BRIN)
  • Shoffi Nurjayanti Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

bawang merah goreng;, perilaku konsumen, persepsi konsumen, fried shallots, consumer behavior, consumer perceptions

Abstract

Kualitas produk bawang merah goreng merupakan salah satu faktor penentu dalam keputusan pembelian. Produk yang dibuat sesuai dengan keinginan konsumen akan memunculkan sikap positif terhadap atribut bawang merah goreng dan menyebabkan derajat kepentingan atribut berbeda dengan atribut lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen serta menggambarkan persepsi konsumen terhadap produk bawang merah goreng di Kecamatan Banggae Timur dan Kecamatan Wonomulyo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil masing – masing sebanyak 30 responden setiap lokasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk bawang merah goreng di Kabupaten Majene, sedangkan faktor-faktor lain memiliki pengaruh negatif atau positif namun tidak signifikan.Kualitas produk bawang merah goreng merupakan salah satu faktor penentu dalam keputusan pembelian. Produk yang dibuat sesuai dengan keinginan konsumen akan memunculkan sikap positif terhadap atribut bawang merah goreng dan menyebabkan derajat kepentingan atribut berbeda dengan atribut lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen serta menggambarkan persepsi konsumen terhadap produk bawang merah goreng di Kecamatan Banggae Timur dan Kecamatan Wonomulyo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil masing – masing sebanyak 30 responden setiap lokasi dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk bawang merah goreng di Kabupaten Majene, sedangkan faktor-faktor lain memiliki pengaruh negatif atau positif namun tidak signifikan.

Product quality of fried shallots is one of the determining factors in purchasing decisions. Products made according to the wishes of consumers will bring up a positive attitude towards the attributes of fried shallots and cause the degree of importance of the attribute to be different from other attributes. This study aims to analyze the factors that influence consumer behavior and describe consumer perceptions of fried shallots in Banggae Timur and Wonomulyo Districts. This research refers to descriptive quantitative. Samples were taken as many as 30 respondents each location using accidental sampling technique. The analytical method used is multiple linear regression analysis and descriptive statistical analysis. The results of the study revealed that the product quality factor had a positive effect and significant influence on purchasing decisions of fried shallot product in Majene Distric, while other factors have negative or positive influence but are not significant.

Author Biographies

Ikawati Karim, Universitas Sulawesi Barat

Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture and Forestry, Universitas Sulawesi Barat

Nur Alim Bahmid, Universitas Sulawesi Barat dan Badan Riset Nasional (BRIN)

Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Sulawesi Barat

Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan, Bdan Riset Nasional (BRIN)

Shoffi Nurjayanti, Universitas Sulawesi Barat

Program Studi Agribisnis

References

Adinugraha, A. T., & Michael, S. (2015). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen D’cost Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 643-654.

Andriastuti, P. A., & Rahayu, D. L. (2021). Persepsi Konsumen Remaja Di Kota Bandung terhadap Produk Pancake Bayam. Jurnal Edufortech, 6(2), 76-83.

Auliq, M. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Pengolahan Bawang Merah Goreng dan Pelatihan TTG Bawang Merah di Desa Watuwungkuk Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 2(2), 65-74.

Badan Pusat Statistik. 2021. Provinsi Sulawesi Barat dalam Angka. Mamuju: Badan Pusat Statistik Sulawesi Barat.

Badan Standarisasi Nasional. (2013). SNI 7713: Bawang Merah Goreng. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Bahtiar, A. H., Arifin, M., & Muhaimin, M. (2022). Pengolahan Bawang Merah Goreng untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Tegalrejo. Jurnal Development, 1(2), 100-111.

Bank Indonesia. (2021). Laporan Penelitian Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) Unggulan UMKM di Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2021. Mamuju: Bank Indonesia KPw Sulawesi Barat.

Cahyaningrum, S. E., Herdyastuti, N., & Hidajati, N. (2019). Iptek Bagi Masyarakat (IBM) Pelaku Usaha Bawang Merah Goreng di Jatirejo Nganjuk. Jurnal ABD,. 4(2), 91-97.

Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Jurnal Agrimas, 1(1), 1-10.

Depari, M. M. S. (2018). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Permintaan Bawang Merah di Pusat Pasar Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ete, A., & Alam, N. (2009). Karakteristik Mutu Bawang Goreng Palu Sebelum Penyimpanan. Jurnal Agrilan, 16(4), 273-280.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrayani, P., & Syarifah, T. (2020). Pengaruh Harga, Cita Rasa, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Kue Pia Fatimah Azzahra di Kecamatan Tanjung Tiram. Jurnal Manajemen Ekonomi Sains, 2(1), 57-66.

Irawati, N., & Hanurawaty, N. Y. (2014). Penggunaan Kemasan Plastik Jenis PE (Polythylen), PP (Polypropylen) dan Kemasan Wrap terhadap Angka Kuman pada Daging Ayam. Jurnal Visikes, 13(1), 21-27.

Jamal, A., & Busman, S. A. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Junior Cabang Pekat di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 27-34.

Juliandi, A., Irfan., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kabeakan, N. T. M. B. (2019). Karakteristik Konsumen dan Pengaruh Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian Beras Merah di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 227-234.

Kurniati, E., Silvia, E., & Efendi, Z. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kue Baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 8(2), 67-75.

Mahendra, M. M., & Ardani, I. G. A. K. S. (2015). Pengaruh Umur, Pendidikan, dan Pendapatan terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik The Body Shop di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(2), 442-456.

Maligan, J. M., & Pamelasari, Y. (2018). Studi Preferensi Konsumen terhadap Karakteristik Organoleptik Produk Croissant di Kota Malang. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 6(3), 1-7.

Mangifera, L., Isa, M., & Wajdi, M. F. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wisatawan dalam Pemilihan Kuliner di Kawasan Wisata Alam Kemuning. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20(1), 18-23.

Marbun, I. I., Ginting, R., & Emalisa. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Kopi Luwak Bermerek di Kota Medan. Journal of Agriculture and Aribusiness Socioeconomic, 3(6), 1-14.

Meilani, Y. F. C. P., & Simanjuntak, S. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), 164-172.

Meitasari, D., Mutisari, R., & Widyawati, W. (2020). Pengaruh Sosio-Demografis terhadap Keputusan Pembelian Produk Hortikultura pada Online Market. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 4(4), 965-972.

Mulia, S. (2021). Analisis Tingkat Konsumsi dan Preferensi Konsumen Bawang Putih Segar di Kota Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Manajement, 7(2), 1-11.

Priskila, M., & Christian, S. (2017). Persepsi Konsumen atas Kualitas Produk Gotcha Escargot Chips pada Perusahaan Sinergo Pemenang. Jurnal Manajemen dan Start Up Business, 2(3), 296-305.

Ratnasari, A. D., & Harti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 3(3), 1-11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, P., & Dasuki, E. S. 2013. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Jurnal Trikonomika, 12(2), 190-200.

Susanti, T dan Sari, A. F. R. (2021). Pesepsi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Sabun Lifebuoy di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Bisnis, Akuntansi (JEMBA), 1(2), 123-137.

Thariq, A. S., Swastawati, F., & Surti, T. (2014). Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Garam pada Ikan Kembung terhadap Kandungan Asam Glutamat Pemberi Rasa Gurih (Umami). Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 3(3), 104-111.

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2015). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 6(1), 45-63.

Wulandari, A., Waluyo, S., dan Novita, D. D. (2013). Prediksi Umur Simpan Kerupuk Kemplang dalam Kemasan Plastik Polipropilen Beberapa Ketebalan. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, 2(2), 105-114.

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles