STRATEGI OPERASIONAL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR (PLTA) DEPARTMENT MAINTENANCE & UTILITIES PT. VALE INDONESIA

Authors

  • Fahmi Fahmi

Abstract

Abstrak: Untuk menghadapi tantang, sebuah perusahaan harus mempersiapkan strategi operasional yang baik dan merumuskan strategi prioritas yang tepat, efektif dan efisien yang harus dilakukan oleh manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam penentuan strategi prioritas, faktor-faktor eksternal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam penentuan strategi prioritas, dan strategi prioritas yang paling sesuai dengan kebutuhan pada department Utilites operation of hydro plant dalam mencapai tujuannya dengan mengoptimalkan resource yang sudah ada menggunakan analisis SWOT dan AHP. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Vale Indonesia Tbk. departemen Maintenance and Utilities pada bagian Utilities operation of hydro plant. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkombinasikan metode wawancara mendalam, pengamatan (observasi) dan telaah dokumen, dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan AHP terhadap analisis faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam penentuan strategi prioritas pada bagian Operation of hydro plant menunjukkan komitmen karyawan bagian operation of hydro plant untuk bekerja sesuai dengan visi dan misi bagian operasional hydro plant menjadi kekuatan yang tertinggi dengan bobot 0.423. Untuk Kejenuhan dengan rutinitas kerja merupakan kelemahan Department Utilities of Hydro plant dengan bobot tertinggi 0.426. Berdasarkan hasil perhitungan AHP terhadap analisis faktor lingkungan eksternal Pengembangan potensi dan kompetensi individu karyawan memiliki bobot tertinggi sebesar 0.418. Sedangkan penyakit akibat kerja shift merupakan faktor ancaman terbesar dengan bobot 0.415. Berdasarkan hasil perhitungan AHP terhadap penentuan strategi operasional dalam meningkatkan kinerja pada bagian Operation of hydro plant secara berurut yaitu memberikan kepastian jenjang karir secara konsisten dan periodic sesuai dengan hasil uji kompetensi masing-masing karyawan, Mempublikasikan prestasi dan kinerja karyawan operation of hydro plant ke lintas department sehingga meningkatkan kepercayaan diri dan loyalitas pekerja, menyediakan layanan fasilitas kesehatan 24 jam di area kerja serta fasilitas olahraga, melakukan rotasi personnel shift karyawan operasional bagian hydro plant, memberikan kesempatan kepada masyarakat lokal untuk ikut sekolah pelatihan yang disiapkan oleh perusahaan sebelum dilakukan rekrutmen karyawan baru.

Kata kunci: SWOT, AHP, Strategi Operasional 

Downloads

Published

2018-02-06

Issue

Section

Articles