PENGARUH BAURAN PEMASARAN, PERSAINGAN PASAR DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KINERJA PENJUALAN MELALUI PILIHAN MINIMARKET SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA DI SULAWESI SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan minimarket dewasa ini dengan kecepatan yang drastis, kecepatan ini dipacu oleh perilaku konsumen yang menjadikan suatu kebutuhan untuk memenuhi kesehariannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bauran, persaingan pasar dan kualitas layanan terhadap pilihan minimarket sebagai tempat, (2) pengaruh bauran terhadap pilihan minimarket sebagai tempat pengeluaran. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis. Data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen minimarket (alfamidi, indomart dan k-circle) yang ada di Sulawesi Selatan.sampling stratifikasi proporsional purposive . Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran, persaingan dan kualitas layanan sangat penting dan kuat terhadap pilihan minimarket di Sulawesi Selatan. Hasil ini membuktikan bahwa hipotesis pertama. Pengujian secara parsial, ditemukan bahwa bauran merupakan variabel yang mendominasi pilihan minimarket, hal ini menegaskan bahwa hipotesis kedua dapat diterima. Seluruh variabel bebas (bauran, persaingan, dan kualitas layanan) memiliki implikasi terhadap pilihan minimarket sebesar 42,6%, sedangkan sisanya
57,4% dikeluarkan oleh sebab-sebab (variabel-variabel) di luar yang lain dalam penelitian ini.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Persaingan Pasar, Kualitas Layanan, dan Pilihan Minimarket