Optimalisasi Pengembangan Produk Core Competence pada Usaha Wajik Lokal Mandar sebagai Alternatif Pendapatan
Abstract
Abstrak. Wajik lokal Mandar merupakan salah satu kompetensi inti (core competence) yang khas, potensial untuk dikembangkan dan tentunya menjadi alternatif pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi pengembangan usaha wajik lokal Mandar dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE yang dilanjutkan dengan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Teknik penentuan sampel yaitu menggunakan purposive sampling terhadap pemilik usaha industri rumah tangga (home industry) wajik lokal Mandar. Strategi SO yaitu (1) ekspansi pasar keluar wilayah Sulawesi Barat, (2) mempertahankan nilai-nilai khas kelokalannya dengan tetap meningkatkan kualitas produk dan kemasan yang berorientasi pasar. Strategi WO yaitu (1) akses kemudahan pada pinjaman modal usaha agar mampu meningkatkan kapastias produk, (2) Memberikan pelatihan terkait teknologi dan pengolahan produk. Strategi Strategi TO yaitu (1) menambah varians rasa dan menstandardisasi produk dan (2) dukungan pemerintah terkait pelatihan pemasaran dan inovasi produk. Strategi WT yaitu intervensi teknologi dalam proses pemasaran dan pengolahan.
References
Andajani, T.K. 2009. Memahami Konsep Operasional UMKM. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Kehutanan, Universitas Brawijaya. tatiek.lecture.ub.ac.id
Asiah, N., Cempaka, L., dan David, W. 2018. Panduan Praktis Pendugaan Umur Simpan Produk Pangan. UB Press; Universitas Bakrie, Indonesia.
BPS Provinsi Sulawesi Barat. Sulawesi Barat dalam Angka 2015. Provinsi Sulawesi Barat. BPS Kabupaten Polewali Mandar. Polewali Mandar dalam Angka 2015. Polewali Mandar
Cahyadi, W. 2009. Analisis dan Aspek Keehatan Bahan Tambahan Pangan. Edisi kedua. Jakarta; Bumi Aksara.
Christiananta, B., Supratiwi, dan Daniel, D. R. 2007, Manajemen Strategik, Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Effendy, U., Mustaniroh, S.A., dan Habyba, A.N. 2015. Analisis Segmentasi dan Persepsi Konsumen terhadap Susu Pasteurisasi dengan Metode CHAID dan MDS (Studi Kasus pada “DAU Fresh Milk”). Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI, Program Stdui TIP-UTM, 2-3 September 2015.
Gobyah. 2009. Local Wisdom di Indonesia. Novian25.blogspot.com
Jhonson, G., Scholes. K., and Whittington R.2008. Exploring Corporate Strategy: Text and Cases, 8th edn, FT Prentice Hall.
Kotler, P dan Amstrong, G. 2006. Principles of Marketing Eleventh Edition. New Jersey: Prentice hall International Inc.
Mauluddin, H. 2010. Scanning Business Environment and Tools, Malang. (www.kafebisnis2010.worldpress.com.akses 23 Februari 2018).
Irawati, R. 2018. Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal JIBEKA Volume 12 No.1, 2018: 74-82.
Ishak, A.A. Eksplorasi Peluang Pasar Potensial untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Universitas Narotama, Surabaya. jp.feb.unsoed.ac.id/932-1256-1-PB
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Mahardika, T. 2018. Bahan Tambahan pada Pangan dan Bahayanya (Formalin, Boraks, dan Pewarna Buatan). http//www.scribd.com
Rahmana, A. 2008. Kemitraan Usaha dan Masalahnya. Fakultas Teknik Universitas Widyatama, Bandung
Rangkuti, F, D. 2009. Analysis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:
Gramedia
Rangkuti, F, D. 2009. Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep. Edisi 12. Jakarta, Salemba Empat.
Riana, K. E. 2007, Strategi Generik, Jakarta, Materi Inisiasi Tutorial On-Line Universitas Terbuka.
Sartini. 2004. Menggali Kearifan Lokal Nusantara; Sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, Agustus 2004, Jilid 37 No.2. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Sugiyono. 1999. Statistika untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Susilo., Bambang., Wijaya, H., dan Yuliati, N. 2014. Pengaruh Pelatihan terhadap Pengembangan Usaha di KUD Marem Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember, Jember.
Rizki, D.A. Munandar, J.M. dan Andrianto. 2013. Periklanan dan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Erlangga, Jakarta.