PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN ROSELLA PADA KELOMPOK TANI TOGA MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v7i1.13505Keywords:
Rosella, Produksi, Solar Dyer, Pemasaran, eventAbstract
Produksi Rosella dilakukan salah satunya oleh kelompok petani Toga Mandiri yang berlokasi di Desa Bringin Kec. Sambikerep, Surabaya Jawa Timur. Toga Mandiri telah mengembangkan berbagai produk olahan dari rosella, seperti minuman rosella, selai rosella dan rosella kering. Proses produksi rosella kering sebagian sudah menggunakan sollar dryer tetapi belum keseluruhan dikarenakan kapasitas dari sollar dryer saat ini yang masih terbatas. Dalam hal pemasaran, Toga Mandiri mengalami kesulitan dikarenakan pandemi Covid-19. Untuk mengatasi permasalah tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk menambah kapasitas dan kecepatan pengeringan sehingga dicapai peningkatan kualitas dari produk rosella kering yang dihasilkan dan meningkatkan jangkauan pemasaran dari kelompok tani Toga Mandiri. Aktivitas pengabdian masyarakat adalah membantu permasalahan produksi dalam bentuk penerapan solar dryer untuk meningkatkan kualitas produksi dan permasalahan pemasaran dalam bentuk event untuk peningkatan jangkauan pemasaran. Hasil kegiatan pengabdian ini berdampak pada peningkatan kualitas produksi rosella Toga Mandiri dan peningkatan jangkauan pemasaran tetapi belum efektif meningkatkan pemasarannya.
Kata kunci: Rosella, produksi, solar dryer, pemasaran, event.
ABSTRACT
One of community that produce Roselle is Toga Mandiri, which is located in Bringin Village, Sambikerep Regency, Surabaya, East Java. Toga Mandiri has developed many variation of roselle products, such as beverage, jam and dried roselle. Dried roselle has been produced using solar dryer, but only some of it because of limited capacity of solar dryer. To solve the problem, community service was done with objective to add capacity and velocity of drying so it will enhance quality of the product and to expand the marketing of Toga Mandiri. Community service activity was done by adding solar dryer to enhance the quality of product and and by expand marketing through event to expand the market. The result of this community service gave better quality of product and enhanced the market but not effectively enough to raise selling quantity.
Keywords: Roselle, production, solar dryer, marketing, event.
References
Adnan, J. (2018). PENENTUAN KADAR FLAVONOID TOTAL EKSTRAK AIR BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L) SECARA SPEKTOFOTOMETRI UV-Vis. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, 3(1), 9-15.
Ikhsan, M. (2017). Strategi Marketing Communication melalui Event dalam Meningkatkan Brand Image Harian Amanah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Zaiton, H., Suzila, I., Ahmed-Mahir, M. M., Salmah, Y., & ZAINI, H. C. (2009, June). Quality of roselle tea as affected by drying temperatures and storage time. In Prosiding Seminar Kimia, Bersama: UKM-ITB VIII (pp. 190-196).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.