PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMASARKAN PRODUK UNGGULAN BUMDes KERTAJAYA CIANJUR JAWA BARAT

Authors

  • Yunita Universitas Kristen Maranatha
  • Nunik Lestari Dewi
  • . Sherlywati
  • Tan Kwang En

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v7i1.14429

Keywords:

BUMDes Kertajaya, Media Sosial, Produk Unggulan, Pemasaran Produk

Abstract

Pengabdian masyarakat ini sebagai program lanjutan yang dilakukan di BUMDes Kertajaya Cianjur. Pengabdian ini dilakukan untuk membantu BUMDes Kertajaya dalam memanfaatkan media sosial yang dapat digunakan dalam membantu memasarkan produk unggulan yang mereka miliki. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah group discussion dan pelatihan. Pelatihan dilakukan sebanyak dua kali (Tahap I dan Tahap II) dengan memberikan pengenalan macam-macam platform media sosial. Pelatihan dihadiri oleh pengurus BUMDes Kertajaya sebanyak enam orang. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai media sosial, beserta dengan pengaplikasiannya. Dari pengabdian masyarakat yang kami lakukan, pengurus BUMDes mulai dapat mengaplikasikan platform media sosial diantaranya adalah penggunaan Instagram untuk memasarkan produk unggulan mereka.

Kata kunci: Platform media sosial, diskusi kelompok, pelatihan, pemasaran produk.

ABSTRACT

This community service is a follow-up program carried out at BUMDes Kertajaya Cianjur. This service is carried out to assist BUMDes Kertajaya in utilizing social media that can be used to help market their superior products. The method used in this service is group discussion and training. The training was conducted twice (phase I and phase II) by providing an introduction to various social media platforms. The training was attended by six BUMDes Kertajaya administrators. This training aims to provide an understanding of social media, along with its application. From the community service we have done, BUMDes management has begun to be able to apply social media platforms including the use of Instagram to market their superior products.

Keywords: Social media platform, group discussion, training, product marketing.


References

Putri, Agnes P.M. 2021. Tren Media Sosial dalam Kemajuan Dunia Bisnis di Era Digitalisasi. m.kumparan.com. 16 Ferbruari 2021. 14:36WIB.

https://www.liputan6.com

https://www.gwi.com/reports/social

Downloads

Published

2021-10-28