This is an outdated version published on 2022-04-30. Read the most recent version.

PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN SINGKONG ”GROPAK” DI KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Dindy Darmawati Putri
  • Irene Kartika Eka Wijayanti
  • Lutfi Zulkifli

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v7i2.20833

Keywords:

Strategi, Pemasaran, Singkong, Gropak

Abstract

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari perajin gropak; meningkatkan ketrampilan perajin dalam mengembangkan pemasaran gropak, dan memperbaiki kemasan retail gropak. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada 8 bulan di Agroindustri Gropak Desa Karangdadap, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu sosialisasi program, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil evaluasi pelatihan mencapai 84%. Pengembangan dan peningkatan produksi industri gropak di Desa Karangdadap dilakukan melalui pendampingan, bantuan pemberian alat produksi, pelatihan serta penyuluhan yang dirancang untuk membantu industri gropak dalam memajukan usahanya. Pendampingan pembuatan web dan kemasan branding serta pelatihan strategi pemasaran baik online maupun offline.

Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Singkong, Gropak.

 

ABSTRACT

Mentoring activities aim to increase the income of the gropak home industry; improve the skills of crafters in developing gropak marketing, and improve gropak retail packaging. The service activity was carried out for 8 months at the Gropak Agroindustry, Karangdadap Village, Kalibagor District, Banyumas Regency. The method of implementing research-based community service activities is carried out through several stages, namely program socialization, activity implementation, and activity evaluation. The results of the training evaluation reached 84%. The development and improvement of gropak industrial production in Karangdadap Village is carried out through assistance, assistance in providing production equipment, training and counseling designed to assist the gropak industry in advancing its business. Assistance in web development and branding packaging as well as marketing strategy training both online and offline.

Keywords: Strategy, Marketing, Cassava, Gropak.


References

Budiyanto, H., Winansih, E., Brimantyo, H., & Iqbal, M. (2019). Peningkatan Produktivitas UKM Handicraft dengan Alat Plong Kertas Bertenaga Dongkrak Studi Kasus: UMKM Gift Box di Kota Malang. Jurnal ABDIMAS Ummer Malang, 4(2), 8–11. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i2.3803

Disperoindag. (2018). http://disperindag.jatengprov.go.id/. Diakses pada tanggal 28 November 2021

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS , 23(2), 117–120.

Putri, D.D., D.H. Darwanto, S. Hartono, L.R.Waluyati. 2019. The Effect of Supply Chain Practices on Competitive Advantages and Supply Chain Performance in Small Household Agroindustry : Direct and Indirect Effect with Partial Least Square Method.IOP Conf. Series: Earth and

Environmental Science.255/012025/2019

Sheth, J.N dan Parvatiar, A. 2002. Relationship Marketing in Consumer Markets : Antecedents and Consequences. Journal of The Academy of Marketing Science Vol. 23 No 4 pp 255-271.

Susetyar, Th. 2012. Kemasan Produk Ditinjau dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizonedi Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, Vol. 4 No. 3.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta, 2003.

Jati, Waluyo dan Yuliansyah, Hanafi. 2016. Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Toko Online Shop Azzam Store). Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 1 No. 1.

Asse, A.A.R. 2019. Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar) Online Marketing Strategy (Case Study of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar). Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 7 No 2.

Harahap, Mailina dan Mujiatun, Siti. 2016. Keragaan Ekonomi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pengolahan Opak Singkong di Desa Tuntungan II Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Ekomikawan, Vol. 16 No. 2.

Safitri, Lisa, Amelia, M. Amelia, W. Sri. 2018. Pengaruh Variasi Produk, Kemasan, Kepercayaan dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Oleh – Oleh Kerupuk Jengek Buk Kai di Kota Padang. Jurnal STKIP PGRI Sumatra Barat.

Downloads

Published

2022-04-30

Versions