PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN UMKM RETAIL DI MASA PANDEMI

Authors

  • Santi Setiari Universitas Pendidikan Nasional
  • Billy Sarchan Universitas Pendidikan Nasional
  • Yulia Rosita Universitas Pendidikan Nasional
  • Luh Putu Mahyuni Universitas Pendidikan Nasional
  • I Made Chandra Mandira Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Budiadnyani Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v9i1.21207

Keywords:

Pemasaran digital, Pendampingan pembukuan, Pengelolaan UMKM Retail

Abstract

Sektor UMKM Retail merupakan salah satu usaha yang saat ini terkena dampak dari pandemi. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kualitas UMKM Retail dan meningkatkan eksistensi melalui pendampingan pemasaran berbasis digital, pembukuan keuangan usaha, dan pengelolaan usaha yaitu pembayaran berbasis digital melalui QR Code. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, pengenalan, dan pelatihan. Proses pelaksanaan program kerja ini dilakukan secara bertahap, berkesinambungan, dan berkelanjutan. Hasil kegiatan memberikan dampak positif bahwa pelaku UMKM dalam memasarkan produk berbasis digital mampu melakukan secara mandiri sehingga meningkatkan pendapatan UMKM. Hasil pengelolaan pembayaran menunjukkan bahwa pelaku UMKM dalam proses pembayaran ini mampu menarik konsumen asing yang lebih sering menggunakan aplikasi digital. Hasil pendampingan pembukuan menunjukkan seluruh pelaku UMKM Retail awalnya kurang paham menjadi paham dalam pembukuan keuangan. Manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakatini  yaitu dapat membantu meningkat penjualan di tengah pandemi Covid 19.

Kata kunci: Pemasaran digital, pendampingan pembukuan, pengelolaan UMKM Retail.

ABSTRACT

The MSME Retail sector is one of the businesses currently affected by the pandemic. The purpose of this community service is to improve the quality of MSMEs Retail and increase existence through digital-based marketing assistance, business finance bookkeeping, and business management, namely digital-based payments through QR Code. The methods used are observation, interview, introduction, and training. The process of implementing this work program is carried out gradually, continuously, and continuously. The results of the activities have a positive impact that MSME actors in marketing digital-based products can perform independently to increase MSME revenue. The results of payment management show that MSMEs in this payment process are able to attract foreign consumers who use digital applications more often. The results of bookkeeping assistance showed that all MSME Retail actors initially did not understand how to understand financial bookkeeping. The benefits of community service activities can help increase sales in the midst of the Covid 19 pandemic.

Keywords: Digital marketing, bookkeeping assistance, retail MSME management.

References

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147-153.

Barry dan Joel R. Evans. (2001). Retail Management: A Strategic. Approach. New Jersey:

Prentice Hall.

Endah Prawesti Ningrum, Tutiek Yoganingsih, Nurul Ratriningtyas, Widi Winarso, N. W. S.

(2019). Pelatihan Pembukuan Sederhana, Sosialisasi Perpajakan dan Pengelolaan

Manajemen Bagi UMKM Ibu-Ibu Catering Perumahan Jatimulya RW. 012. Jurnal Abdimas

Ubj,02(02),126–130. https://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jabdimas/article/view/126 - 130/pdf

Fariana, R., Purwanto, T., & Adi, B. (2020). Ekobis abdimas. 1, 37–44.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta.Bumi Aksara.

Levy & Weitz, (2001). Retailing Management, 4th edition. New York: Mc.GrawHill,.Berman, Manoppo, W. S., & Pelleng, F. A. O. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 6–9. https://doi.org/10.35797/jab.7.2.2018.22029.6-9

Padmadewi, A. A. S. M., & Mahyuni, L. P. (2021). Pemberdayaan Petani Padi di Desa Mas ,

Ubud , Bali Melalui Pelatihan Pembuatan Lulur Tradisional Berbahan Dasar Beras. 5(6), 1453–1464.

Rohmah, Y. M., Tristiarini, N., Ekonomi, F., Nuswantoro, U. D., Ekonomi, F., & Nuswantoro, U.D. (2019). Jurnal Akuntansi dan Pajak Pengaruh Sistem Pembayaran E-Money

Dalam Era Digital Di Tengah Wabah Covid- 19 : Studi Kasus Pada Masyarakat Semarang. 22(5), 1–11.

Sukmadewi, Y. D. (2017). Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Oleh : Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Semester Genap. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat ( Pkm) Universitas Semarang.

Yuesti, A., Julianti, L., Suryandari, N. N. A., & Astuti, P. S. (2018). Challenges of Bali Economic

Export Development in Changing Global Environment. International Journal of Contemporary Research and Review, 9(01).

Downloads

Published

2023-10-27 — Updated on 2023-11-06

Versions