PENYULUHAN BAGI UMKM PEMULA UNTUK MEMBANGUN BISNIS YANG TEPAT SASARAN

Authors

  • Yunita Christy Universitas Kristen Maranatha
  • Yuliana Gunawan
  • Debbianita Debbianita
  • Nunik Lestari Dewi

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v8i2.24475

Keywords:

UMKM, Membangun bisnis, bisnis tepat sasaran

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang kami lakukan diperuntukkan bagi jemaat Gereja Bethel Indonesia Bandung Stairway from Heaven yang hendak memulai usaha atau sudah menjalankan usaha namun belum berkembang, dalam hal ini yang masih termasuk kategori UMKM. Tujuan dari PKM ini adalah memberikan serta membekali  anggota yang akan memulai usaha atau sudah memiliki usaha namun belum berkembang dalam hal ini termasuk kategori UMKM dan mengindentifikasi apa yang menjadi kesalahan dalam pebisnis pemula, sehingga mereka dapat mengantisipasinya pada tahap awal. Abdimas ini dengan menggunakan teknik penyuluhan dan konsultasi mengenai apa yang harus dilakukan pebisnis pada saat awal, cara menyelesaikan tantangan dan persoalan dan komunikasi yang baik dalam berbisnis. Manfaat penyuluhan ini terlihat dari post test yang menunjukkan bahwa peserta menjadi memiliki pemikiran yang lebih luas mengenai apa saja yang harus disiapkan dalam memulai bisnis  mulai dari produk yang disiapkan, pasar yang akan dikuasai, perlunya riset pasar dan modal apa yang disiapkan dan dibutuhkan dalam melakukan bisnis. Kata kunci: UMKM, membangun bisnis, bisnis tepat sasaran. ABSTRACT The Community Service Activities (PKM) that we carry out are intended for Bethel Indonesia Bandung Stairway from Heaven Church congregations who want to start a business or are already running a business but have not yet developed, in this case those who are still in the MSME category. The purpose of this PKM is to provide and equip members who are about to start a business or already have a business but have not yet developed, in this case including the MSME category and identify what is wrong with novice businessmen, so they can anticipate it at an early stage. This Abdimas uses counseling and consulting techniques regarding what a businessman should do at the start, how to solve challenges and problems and good communication in doing business. The benefits of this counseling can be seen from the post test which shows that participants have broader thoughts about what must be prepared in starting a business starting from the products prepared, the market to be controlled, the need for market research and what capital is prepared and needed in doing business. Keywords: MSME, building a business, business right on target.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widodo, Z. D., Umiyati, H., Adriansyah, T. M., Yudawisastra, H. G., Sudirman, A., Sintha, L., ... & Nahriana, N. (2022). Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Christy, Y., Yuliana Gunawan, Debbianita, D., & Nunik Lestari Dewi. (2023). PENYULUHAN BAGI UMKM PEMULA UNTUK MEMBANGUN BISNIS YANG TEPAT SASARAN. Jurnal Dinamika Pengabdian, 8(2), 275-282. https://doi.org/10.20956/jdp.v8i2.24475