STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO DAN KECIL MELALUI DIGITAL MARKETING DI KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN GOWA

Authors

  • Retno Fitrianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Fatmawati Fatmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin
  • Wahda Wahda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Mirzalina Zaenal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Insany Fitri Nurqamar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.
  • Daniella Cynthia S Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v9i2.34671

Keywords:

UKM, Daya saing, Digital Marketing

Abstract

Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro dan Kecil melalui Digital Marketing Di Kecamatan Palalangga Kabupaten Gowa merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan memberi manfaat dan pengetahuan bagi usaha mikro dan kecil dalam upaya meningkatkan daya saing bagi produk.  Melalui pelatihan ini akan diajarkan strategi pemasaran melalui inovasi digital marketing dengan menggunakan platform media sosial, market place dan e-commerce. Tujuannya adalah agar pemasaran produk yang dilakukan dapat menjangkau konsumen lebih luas, selain itu diajarkan inovasi produk UMKM berupa pengemasan produk makan dan non makanan serta labeling sehingga produk UMKM tersebut memiliki daya saing tinggi di pasar digital. Mitra pelaku usaha mikro dan kecil juga diajarkan bagaimana cara mengakses kredit perbankan yang murah sebagai solusi masalah permodalan. Kegiatan ini bertujuan agar para pelaku UMK dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produknya melalui digital marketing sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan daya saing UMK agar dapat meningkatkan omzet penjualannya dan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMK di Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. Kata kunci: UMK, Daya Saing, Digital Marketing. ABSTRACT The Strategy for Increasing the Competitiveness of Micro and Small Businesses through Digital Marketing in Palalangga District, Gowa Regency is a Community Service Activity that aims to provide benefits and knowledge for micro and small businesses to increase product competitiveness. Through this training, marketing strategies will be taught through Digital Marketing innovation using social media platforms, marketplaces and e-commerce. The goal is that product marketing is carried out to reach wider consumers, besides that MSME product innovation is taught in the form of packaging for food and non-food products and labeling so that MSME products have high competitiveness in the digital market. In addition, it is taught how these micro and small business actors can access cheap bank credit as a solution to capital problems. This activity aims to enable MSEs to gain knowledge and skills in marketing their products through the digital market as a strategy in increasing MSEs' competitiveness in order to increase their sales turnover and improve the welfare of MSEs in Palangga District, Gowa Regency. Keywords: MSE, Competitiveness, Digital Marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R.P, Kartono, K., & Rahmadi, R., 2020, Pengambangan UMKM Melalui Ditilaisasi Teknologi Dan Integrasi Akses Permodalan. Ethos. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 8(2): 248-256.

Framita, DS & Maulita D, 2020, Peningkatan penjualan Melalui Pengemasan, Labeling dan Branding Produk di Desak Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang, BERDAY : Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, Volume 2 No 3.

Humasgowa, 2021, UMKM Gowa Diharapkan Tingkatkan Produksi Dan Pemasaran Berbasis Digital, Diakses pada 7 februari 2021 pukul 13.27. https://humas.gowakab.go.id/umkm-gowa-diharapkan-tingkatkan-produksi-dan-pemasaran-berbasis-digital/

BPS, Kabupaten Gowa Dalam Angka, 2021

BPS, Kecamatan Palangga Dalam Angka, 2020

Masayu Endang A, 2018, Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan, Sosio e-kons, Vol 10 No.1

Nurlinda & Sinuraya J, 2020, Potensi UMKM Dalam Menyangga Perekonomian Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Literatur, Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia, Siaran Pers Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, 2021, HM.4.6/103/SET.M.EKON.3/05/2021 , econ.go.id)

Wijoyo, H & Widiyanti,. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Pandemi Covid-19. Dalam: Prosiding Seminar Nasional Kahuripan, Tahun 2020

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Fitrianti, R., Fatmawati, F., Wahda, W., Zaenal, M., Nurqamar, I. F. ., & Cynthia S, D. (2024). STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO DAN KECIL MELALUI DIGITAL MARKETING DI KECAMATAN PALANGGA KABUPATEN GOWA. Jurnal Dinamika Pengabdian, 9(2), 243-253. https://doi.org/10.20956/jdp.v9i2.34671