USAHA KRIPIK DURI IKAN BANDENG DAN FISHGELL IKAN BANDENG DI KECAMATAN TANETERIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Authors

  • Ernawati Jassin
  • Nur Laylah

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v3i2.4249

Abstract

Tahun 2015 merupakan memasuki era pangsa bebas yang di sebut dengan AFTA (ASEAN Free Trade Area), AFTA ini merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta  menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya. Berdasarkan kandungan gizi dan ketersediaan bahan baku ikan bandeng di kabupaten Bone Sulawesi Selatan serta permintaan yang terus meningkat, serta untuk memenangi persaingan bisnis bidang perikanan di era AFTA maka perlu diadakan peningkatan kualitas dan kuantitas produk perikanan berbahan baku ikan bandeng. Dengan alasan tersebut, mendorong mitra I (pertama) kami bernama “UKM Athifa Food” dan mitra kedua yang bernama “UKM Generasi Baru” melakukan kegiatan produksi pengolahan ikan bandeng berupa Kripik Duri Ikan Bandeng Dan Fishgell Ikan Bandeng. Dari penjelasan diatas maka pelaksanaan program IbM yang dilakukan diprioritaskan pada permasalahan produksi yaitu: penggunaan alat pengolahan kripik duri ikan bandeng, pelatihan tentang pemasaran secara online melalui pembuatan blog dan perbaikan masalah manajemen yaitu peningkatan kemampuan pengelolaan usaha dan pembenahan administrasi pembukuan dan keuangaan, Program IbM yang dilaksanakan diharapkan akan menghasilkan luaran berupa cara pembuatan kripik duri ikan bandeng, fishgell yang lebih higinies, enak dan tahan lama. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan produk yang dihasilkan bisa menjadi brand market kabupaten Bone dan mampu bersaing di era AFTA, Kata kunci: Kripik duri ikan bandeng dan fishgell ikan bandeng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DKP. 2015. Data Perikanan Kabupaten Bone. Kab. Bone. Sulawesi Selatan.

Fattah, Lely. 2014. Alur proses fish gell. Bahan kuliah semester 3 PPNP. Pangkep. Sulawesi Selatan.

Iskundarti, E., 2016. Manfaat dan Kandungan Gizi dari Ikan Bandeng. http://www.masakandapurku.com/2016/09/manfaat-dan-kandungan-gizi-dari-ikan18.html. Diakses tanggal 10 April 2018.

Sari, E, S., 2013. Pembuatan Krupuk Ikan Bandeng dengan Substitusi Duri Ikan Bandeng. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Semarang .

Tababaka, R., 2004. Pemanfaatan Tepung Tulang Ikan patin (Pangasius sp) sebagai Bahan Tambahan Kerupuk. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. Bogor

Wiriano, H., 1984. Mekanisme Teknologi Pembuatan Kerupuk. Balai Pengembangan Makanan Phytokimia Badan Penelitian dan Pengembangan Industri. Departemen Perindustrian, Jakarta.

Yuli, 2018. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan. http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-nutrisi-manfaat-ikan-bandeng Diakses tanggal 12 April 2018.

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Jassin, E., & Laylah, N. (2018). USAHA KRIPIK DURI IKAN BANDENG DAN FISHGELL IKAN BANDENG DI KECAMATAN TANETERIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE. Jurnal Dinamika Pengabdian, 3(2), 177-190. https://doi.org/10.20956/jdp.v3i2.4249