MANAJEMEN PENGOLAHAN DAN PENYIAPAN MP-ASI CEPAT SAJI DAN BERGIZI UNTUK IBU BEKERJA DI KABUPATEN TAKALAR (UPAYA MEMINIMALISASI PROPORSI BALITA GIZI KURANG)

Authors

  • Andi Nur Faidah Rahman
  • Mulyati M. Tahir
  • Meta Mahendradatta
  • . Zainal
  • Rindam Latief
  • Pipi Diansari
  • Andi Rahman Mappangaja
  • . Suryani

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v4iK.5438

Abstract

Kabupaten Takalar merupakan Kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten Takalar merupakan daerah dengan proporsi balita gizi kurang tertinggi sebesar 27,1% dibandingkan daerah lainnya berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013. Masalah ekonomi dan kurangnya pengetahuan orangtua mengenai pentingnya gizi merupakan salah satu faktor tingginya proporsi balita gizi kurang di Kabupaten Takalar. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada orangtua mengenai manajemen penyiapan dan pengolahan makanan pendamping ASI (MP-ASI) cepat saji dan bergizi, sehingga walaupun ibu bekerja diluar rumah pemenuhan kebutuhan MP-ASI yang bergizi tetap terpenuhi. Program ini telah dilaksanakan selama satu hari dengan dua sesi kegiatan di Praktek Bidan, Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar dengan mengundang 20 orang ibu-ibu yang memiliki balita. Kegiatan pelatihan meliputi: (1) Penyampaian materi dan diskusi. Peserta diberikan modul sebagai panduan kepada ibu-ibu yang memiliki balita dalam mengolah dan menyiapkan MP-ASI cepat saji dan bergizi; (2) Praktek manajemen penyimpanan dan pengolahan bahan makanan bergizi untuk dijadikan MP-ASI; (3) Praktek menyiapkan MP-ASI cepat saji dan bergizi. Diharapkan dari kegiatan ini dapat mengurangi proporsi balita gizi kurang di Kabupaten Takalar secara bertahap. Kata kunci: Kabupaten Takalar, makanan pendamping ASI, pengolahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-20

How to Cite

Rahman, A. N. F., Tahir, M. M., Mahendradatta, M., Zainal, ., Latief, R., Diansari, P., Mappangaja, A. R., & Suryani, . (2018). MANAJEMEN PENGOLAHAN DAN PENYIAPAN MP-ASI CEPAT SAJI DAN BERGIZI UNTUK IBU BEKERJA DI KABUPATEN TAKALAR (UPAYA MEMINIMALISASI PROPORSI BALITA GIZI KURANG). Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(K), 79-84. https://doi.org/10.20956/jdp.v4iK.5438

Issue

Section

Volume 4 Nomor Khusus (K) Semnas Pengabdian NOVEMBER 2018

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>