PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KEPERCAYAAN DIRI BAGI PENYANDANG TUNARUNGU (TULI) DI DPD GERKATIN SULAWESI SELATAN MELALUI PADUAN SUARA
DOI:
https://doi.org/10.20956/jdp.v4iK.5442Abstract
Kaum disabilitas atau difable merupakan salah satu isu masalah diskriminasi yang terjadi dimana-mana. Kaum disabilitas selalu dipandang berbeda, memiliki kekurangan dan mendapat perlakuan diskriminasi sosial dari masyarakat sehingga perilaku yang tercipta bagi penyandang disabilitas cenderung menghindari dunia luar. Hal ini terjadi pada penyandang disabilitas terkhusus tunarungu atau mereka yang senang disebut tuli. Namun saat ini, maraknya pergerakan kesetaraan yang dilakukan oleh kelompok tuli di Indonesia diberbagai bidang seperti olahraga, kesenian dan ketenaga kerjaan, serta melihat besarnya potensi tuli dibidang tersebut khususnya seni. Maka potensi inilah yang menjadi dasar pengabdian kepada masyarakat sebab pentingnya pelatihan keterampilan serta penyaluran pengetahuan terhadap penyandang disabilitas. Adapun upaya yang dilakukan ialah pelatihan paduan suara untuk teman tuli dengan tujuan meningkatkan kepercayaan diri dan penyetaraan kemampuan teman tuli. Karena pada dasarnya timbul ketidakpercayaan diri teman tuli untuk bernyanyi disebabkan dunia mereka tanpa suara tetapi memiliki keinginan untuk bisa setara. Pelatihan ini bekerjasama dengan DPD Gerkatin Sulawesi Selatan yang memiliki tujuan yang sama yaitu kesetaraan dan kesejahteraan untuk tuli. Metode latihan yaitu sosialisasi, pelatihan nafas, dan pengucapan kata secara verbal dan non verbal, tempo serta koreografi. Dengan paduan suara dapat menjadi upaya untuk mengetahui kemampuan dan meningkatkan kepercayaan diri teman tuli serta setara dengan orang normal.
Kata kunci: Disabilitas, tuna rungu, paduan suara.Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis diwajibkan untuk menandatangani "Surat Perjanjian Hak Cipta" atau Copyright Agreement untuk penyerahan ijin kepada pihak jurnal untuk menerbitkan tulisannya.
Authors are required to sign a "Copyright Agreement" to submit permission to the journal to publish their writings.