PENGEMBANGAN OLAHAN ALOE VERA MENJADI PRODUK YANG BERNILAI JUAL PADA UKM I SUN VERA

Authors

  • Bambang Widiarso
  • Abdul Hamid A. Yusra
  • U. Suci YVI

Abstract

UKM ISUN VERA bergerak di bidang olahan lidah buaya sejak tahun 2004, merupakan target IbM melalui proses pendampingan kemitraan, untuk meningkatkan diversifikasi produk olahan lidah buaya, peningkatan kualitas produksi dengan teknologi perbaikan kemasan, pemasaran dengan sistem on line.  Sebelumnya UKM ISUN VERA telah mengolah berbagai kuliner dari  lidah buaya   seperti manisan,  dodol, minuman segar, dan instan aloe merupakan salah icon kuliner Kota Pontianak.Tujuan dari kegiatan IbM ini adalah :1. Terdapat produk baru dari hasil inovasi diversifikasi produk olahan lidah buaya, yang akan menambah keanekaragaman produk yang telah dikenal sebelumnya yaitu kue Brownies, kue Lapis Legit, dan jamu `kunyit asam berbasis aloe; 2. Sistem pemasaran yang lebih modern selain pemasaran yang telah dilakukan selama ini yaitu pemasaran dengan sistem Online seperti pembuatan Web,3. Mendapatkan kemasan yang lebih hygienis dan menarik khas UKM Isun Vera. Pelaksanaan kegiatan  dimulai dengan diskusi bersama Ibu Sunani sebagai pemilik UKM Isun Vera dan peserta pelatihan bagaimana membuat kue Brownies, kue Lapis Legit, dan jamu`kunyit asam berbasis aloe. Selanjutnya dilakukan pelatihandengantujuan untukmemberikan pengetahuan dan keterampilandalam pembuatan kue brownies, lapis legit dan jamu kunyit asam berbasis aloe. Pemasaran dengan system on line yaitu pembuatan web, Pembuatan labeling dan kemasan produk juga diberikan. Peserta IbMsangat bersemangat  mengikuti kegiatan  penyuluhan dan melakukan kegiatan praktek pembuatan aneka kue dan jamu kunyit asam berbasis aloe.  Ketua UKM sangat menyadari dengan adanya diversifikasi olahan kue dan jamu berbasis aloe, dan pembuatan label dan kemasan serta web site akan menambah daya jual produk berbasis aloe dan akan terus membuat produk yang teah di transfer oleh tim IbM. Kata kunci: diversifikasi produk aloe, brownies,lapis legit, jamu kunyit asam,

References

The winners. 2011. Studi Kelayakan Bisnis (Budidaya Lidah Buaya. Sumber online http://Fizi-winners.blogspot.co.id. May 27, 2011. Studi Kelayakan Bisnis (Budidaya Lidah Buaya), Tanggal akses 27 April 2017.

UPTD Agribisnis Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak. Lidah Buaya di Kota Pontianak. Sumber Online http://.dppk@pertanian.pontianak kota.go.id.2016. Lidah Buaya di Kota Pontianak. Tanggal Akses 11 Mei 2017.

Redaksi Bisnis UKM. 2009. Mutiara Hijau Kalimantan. Sumber Online http://BisnisUKM.com. 18 July 2009. Mutiara Hijau Kalimantan Barat. Tanggal Akses 28 April 2017.

Porcupine. 2011. Lidah Buaya Memperbaiki System. Sumber Online http:// Newsworld.blogpot.co.id. 22 Januari 2011.Lidah buaya memperbaiki system. Tanggal Akses 28 April 2017.

Yosephin. 2014. Lidah Buaya Berpotensi Tembus Pasar Jepang. Dumber Online http://Familinia.com.2014. lidah-buaya-berpotensi-tembus-pasar-jepang.html. Tanggal Akses 11 Mei 2017.

Aldiano,Wahyudi. 2014. Budidaya Lidah Buaya di Lahan Gambut, Sumber Online http:// Wahyudialdiano.blogspot.co.id. Tanggal Akses 11 Mei 2017. .

Humaira, Rahimah. 2012. 1001 Khasiat Daun Lidah Buaya. Sumber Online http://Puteri-pelangi.blogspot.co.id. August 14, 2012. 1001-khasiat-daun-lidah-buaya.html. Tanggal Akses 11 Mei 2017.

Downloads

Published

2017-05-31

How to Cite

Widiarso, B., Yusra, A. H. A., & YVI, U. S. (2017). PENGEMBANGAN OLAHAN ALOE VERA MENJADI PRODUK YANG BERNILAI JUAL PADA UKM I SUN VERA. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 2(2), 153-160. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jdp/article/view/7180