PEMBERDAYAAN NELAYAN DI KELURAHAN PINCENGPUTE DALAM PENGOLAHAN IKAN DOYOK MENJADI PRODUK BAKSO DAN NUGGET

Authors

  • Fajriyati Mas’ud
  • Sri Indriati
  • Vilia Darma Paramita

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7411

Abstract

Ikan Doyok berkembangbiak di Danau Tempe dan jumlahnya cukup melimpah, tetapi tidak disukai karena memiliki banyak duri halus, sehingga banyak yang terbuang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat nelayan di Kelurahan Pincengpute guna memberikan nilai ekonomi bagi ikan doyok dalam bentuk olahan bakso dan nugget ikan yang dapat dijual sehingga mampu memberikan kontribusi ekonomi kepada masyarakat setempat. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan, demonstrasi dan pelatihan pengolahan ikan doyok menjadi produk bakso dan nugget ikan. Masyarakat melakukan uji sensorik terhadap warna, rasa, dan aroma produk, hal ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini selain menyediakan ikan doyok sebagai bahan utama dalam kegiatan ini.Kata kunci: Pincengpute, ikan doyok, bakso, nugget ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, MA., Malle, S., Tartar, SU., Fitri, M., 2017. Penerapan Pengolahan Fish Jelly Ikan Air Tawar di Danau Tempe Kabupaten Wajo. Jurnal Dinamika Pengabdian, Vol. 3, No. 1: 23-32.

Dewi, EN., Ibrahim, R., Yusniva, N., 2011. Daya simpan bakso ikan nila merah yang diproses dengan metode penggorengan berbeda. Jurnal Saintek Perikanan Vol. 6, No. 1: 6-12.

Istanti, I., 2005. Pengaruh Lama Penyimpanan terhadap Karakteristik Kerupuk Ikan Sapu-sapu (Hyposarcus pardalis). Skripsi. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Kabupaten Wajo dalam Angka, 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo kerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wajo.

Mas’ud, F., Murdiningsih, H., Yuliani. 2017. Pengolahan Ikan Air Tawar Menjadi produk Nugget Ikan. Jurnal Dinamika Pengabdian, Vol. 2, No. 2: 124-132.

Restu, 2016. Pengolahan Bakso Ikan Karandang (Channa pleurophthalmus) dengan penambahan Kelapa Parut. Jurnal Ilmu Hewani Tropika Vol 5. No.1.

Haryati, S., Munandar, A., 2012. Penerapan konsep zero waste pada pengolahan bakso ikan bandeng. Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol. II No. 2: 127-130.

Sulthoniyah, STM, Sulistiyati, TD., Suprayitno, E., 2013. Pengaruh Suhu Pengukusan terhadap Kandungan Gizi dan Organoleptik Bakso Ikan Gabus. THPi Student Journal, Vol. I, No. 1: 33-45.

Zulmanwardi, Mas’ud, F., 2011. Optimasi Proses Pembuatan Surimi Ikan dari Ikan Kurisi. Laporan Hasil Penelitian. Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Downloads

Published

2019-08-27

How to Cite

Mas’ud, F., Indriati, S., & Paramita, V. D. (2019). PEMBERDAYAAN NELAYAN DI KELURAHAN PINCENGPUTE DALAM PENGOLAHAN IKAN DOYOK MENJADI PRODUK BAKSO DAN NUGGET. Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(2), 112-117. https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7411