PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PERTANIAN ORGANIK PADA LAHAN SAWAH TADAH HUJAN DI DESA BILA KECAMATAN DUA PITUE KABUPATEN SIDRAP

Authors

  • Ifayanti Ridwan
  • Amir Yassi
  • Hari Iswoyo
  • Rahmansyah Dermawan
  • Abdul Mollah
  • . Nurfaida
  • Cri Wahyuni Brahmi Yanti
  • Tigin Dariati
  • Katriani Mantja
  • Nuniek Widiayani

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7422

Abstract

Sebuah upaya pemberdayaan masyarakat telah dilakukan melalui program KKN-PPM di Desa Bila, Kecamatan Duapitue, Kabupaten Sidrap bertema Pemberdayaan Petani, Peternak, dan Nelayan di Kecamatan Pitueriase Kabupaten Sidrap Dalam Pengelolaan Sumberdaya Lokal. Salah satu program yang dilaporkan dalam tulisan ini adalah terkait program pengembangan pertanian organik pada lahan sawah tadah hujan. Metode yang digunakan terdiri dari persiapan program yakni pembekalan mahasiswa dan pelaksanaan program berupa penyuluhan dan pelatihan teknologi budidaya tanaman padi pada lahan sawah tadah hujan melalui pendekatan pengelolaan tanaman terpadu (PTT), pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) dan pestisida nabati (Pesnab) serta pembuatan demplot. Dari pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik dan mendapatkan antusiasme masyarakat. Selain itu melalui kegiatan penyuluhan dan pelatihan serta percontohan dengan adanya demplot, pemahaman dan keterampilan masyarakat petani di daerah mitra bertambah dalam hal membudidayakan tanaman padi organik di lahan sawah tadah hujan.Kata Kunci: pemberdayaan, padi, sawah tadah hujan, teknologi budidaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Litbang Pertanian. 2005. Prospek dan Arah Pengembangan AGRIBISNIS PADI. 49 p. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian, Jakarta.

Kasno, A., T. Rostaman, dan D. Setyorini. 2016. Peningkatan Produktivitas Lahan Sawah Tadah Hujan dengan Pemupukan Hara N, P, dan K dan Penggunaan Padi Varietas Unggul. Jurnal Tanah dan Iklim Vol. 40 No. 2 Hal. 147-157.

Pane, H., A. Wihardjaka, dan A.M. Fagi. (2009). Menggali produksi padi sawah tadah hujan. http://www.litbang.pertanian.go.id/special/padi/bbpadi_2009_itp_07.pdf p. 201-221.

Widyantoro dan H. M.Toha, 2010. Optimalisasi Pengelolaan Padi Sawah Tadah Hujan Melalui Pendekatan Pengelolaan Tanaman Terpadu. Prosiding Pekan Serealia Nasional I, Balitsereal Maros 26-30 Juli 2010, p.648-657. ISBN : 978-979-8940-29-3.

Downloads

Published

2019-08-27

How to Cite

Ridwan, I., Yassi, A., Iswoyo, H., Dermawan, R., Mollah, A., Nurfaida, ., Yanti, C. W. B., Dariati, T., Mantja, K., & Widiayani, N. (2019). PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PERTANIAN ORGANIK PADA LAHAN SAWAH TADAH HUJAN DI DESA BILA KECAMATAN DUA PITUE KABUPATEN SIDRAP. Jurnal Dinamika Pengabdian, 4(2), 198-206. https://doi.org/10.20956/jdp.v4i2.7422

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>