MENGAITKAN PEMBELAJARAN SASTRA DAN BAHASA MELALUI PENDEKATAN LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK
DOI:
https://doi.org/10.34050/jib.v11i1.24914Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan Bahasa dan pembelajaran sastra melalui pendekatan linguistic fungsional sistemik. Bahasa yang digunakan dalam karya sastra yang dianalisis dan dipelajari tersebut apakah dapat dikaji dengan baik melalui pendekatan LFS. Selain itu, melalui penelitian ini pula penulis ingin mengungkap contoh-contoh karya sastra yang telah berhasil dikaji melalui pendekatan LFS. Untuk mengungkap hal tersebut, penulis menggunakan kajian Pustaka. Sumber data dari artikel ini berasal dari penelitian-penelitian sebelumnya. Sumber data dari penelitian yang relevan sebelumnya diolah, dianalisis dan diambil kesimpulannya. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan LFS ini sesuai sebab menggunakan teks, baik lisan ataupun tulisan, sebagai sumber makna. Hal ini karena pendekataan LFS berupaya mengintegrasikan satuan teks atau bahasa, fungsi bahasa, dan konteks yang terdapat dalam teks sastra tersebut. Selain itu, ternyata kajian teks sastra dengan mengamplikasikan pendekatan LFS telah banyak dilaksanakan. Hal ini memperkuat terdapatnya kedekatan antara ilmu bahasa dan karya sastra melalaui pengkajian dengan pendekatan LFS ini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.