MENGAITKAN PEMBELAJARAN SASTRA DAN BAHASA MELALUI PENDEKATAN LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK

Authors

  • Nunik Sugiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Miftahulkhairah Anwar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34050/jib.v11i1.24914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan Bahasa dan pembelajaran sastra melalui  pendekatan linguistic fungsional sistemik.  Bahasa yang digunakan dalam karya sastra yang dianalisis dan dipelajari tersebut apakah dapat dikaji dengan baik melalui pendekatan LFS. Selain itu, melalui  penelitian ini  pula penulis ingin mengungkap contoh-contoh karya sastra yang telah berhasil dikaji melalui pendekatan LFS. Untuk mengungkap hal tersebut, penulis menggunakan kajian Pustaka. Sumber data dari artikel ini  berasal dari penelitian-penelitian sebelumnya. Sumber data dari penelitian yang relevan sebelumnya diolah, dianalisis dan diambil kesimpulannya. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan LFS ini  sesuai sebab menggunakan teks, baik lisan ataupun tulisan, sebagai sumber makna. Hal ini karena pendekataan LFS berupaya mengintegrasikan satuan teks atau bahasa, fungsi bahasa, dan konteks yang terdapat dalam teks sastra tersebut. Selain itu, ternyata  kajian teks sastra dengan mengamplikasikan pendekatan LFS telah banyak dilaksanakan. Hal ini memperkuat terdapatnya kedekatan antara ilmu bahasa dan karya sastra melalaui pengkajian dengan pendekatan LFS ini.

 

Downloads

Published

2023-06-08