EFEK MIXTURE MARKETING TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUANG RAWAT IN RUMAH SAKIT UMUM HAJI MAKASSAR 2017

Authors

  • Nurul Anisa
  • Darmawansyah Darmawansyah
  • Syamsiar S. Russeng

Abstract

Rumah sakit saling bersaing dalam memberikan pelayanan jasa kesehatannya kepada masyarakat. Penelitian ini
bertujuan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi bauran pemasaran terahadap loyalitas pasien di Ruang
Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji,Makassar. Jenis penelitian ini adalah survey analitik
dengan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Instalasi Rawat Inap
RSUD Haji, Makassar. Sampel penelitian sebanyak 208 pasien yang ditentukan berdasarkan teknik penyampelan
purposif. Metode analisis data yang digunakan adalah chi square dan regresi logistik berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel product (p=0.00), place (p=0.00), price (p=0.00), promotion
(p=0.006), people (p=0.001), costumer servic e(p=0.00) dan performance (p=0.00). Tidak ada pengaruh variabel
professional (p=0.124) dan process (p=0.485). Berdasarkan hasil uji regresi logistik berganda secara bersamaan
diperoleh bahwa product merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat inap
RSUD Haji, Makassar.

Published

2020-07-14

Issue

Section

Articles