KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN PESERTA JKN-KIS DI BAGIAN RAWAT JALAN RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA PERSPEKTIF PELANGGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL
DOI:
https://doi.org/10.30597/jkmm.v1i3.8822Abstract
Kualitas pelayanan pada dasarnya terkait dengan pelayanan yang baik, yaitu suatu sikap atau cara karyawan
dalam melayani pelanggan atau masyarakat secara memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta JKN-KIS di bagian rawat jalan RSUD
Syekh Yusuf Kabupaten Gowa dari perspektif pelanggan eksternal. Jenis penelitan yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien
peserta JKN-KIS di bagian rawat jalan sebanyak 54.489 pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik accidental sampling dengan besar sampel 369 orang. Analisis data yang dilakukan adalah
univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan kualitas
pelayanan variabel kehandalan (p= 0,032), jaminan (0,000), bukti fisik (0,027), empati (0,001), dan daya
tanggap (0,000) terhadap kepuasan pasien di bagian rawat jalan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun
2018. Diharapkan semua variabel kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien lebih
diperhatikan dan dijadikan tolak ukur dalam peningkatan kualitas pelayanan di rumah sakit.