Abstract
Kelurahan Tolo Timur memiliki produk lokal, yaitu kain tope atau kain birang yang dipasarkan secara tradisional di Pasar Rakyat Tolo atau konsumen mendatangi rumah pengrajin sehingga jangkauan pasar dari produk belum luas. Namun, kain birang telah digunakan pada kegiatan-kegiatan yang mewakili daerah dan telah dipasarkan pada kegiatan INACRAFT 2023. Keterbatasan pengrajin dalam memasarkan produknya menunjukkan potensi yang besar untuk memperkenalkan kepada pengrajin kain birang pemasaran dengan memanfaatkan teknologi. Oleh karena itu, pemasaran produk lokal dengan memanfaatkan teknologi tepat untuk dilaksanakan sehingga pengrajin kain birang dapat mengetahui tentang pemasaran secara digital sehingga jangkauan pasar menjadi lebih luas. Selain memperluas jangkauan pasar, kegiatan pengabdian ini memberikan identitas pada produk berupa nama dan logo merek dagang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara serta berdiskusi mengenai rencana untuk mengatasi permasalahan yang ada. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya identitas pada produk lokal dan tersedia media untuk memperluas jangkauan pasar sehingga jangkauan pasar yang dilakukan oleh pengrajin lebih luas.
References
Mulyati Y. Dinamika Citra Merek dan Preferensi Pembelian: Eksplorasi dalam Konteks Produk Lokal. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis. 1 September 2023;3(3):146–55. https://doi.org/10.37481/jmeb.v3i3.609
Setiawan T, Hidayat R. Pengaruh Pemasaran Digital, Persepsi Kualitas, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal di Marketplace. Journal of Applied Business Administration. 30 September 2022;6(2):90–100. https://doi.org/10.30871/jaba.v6i2.4449
Meilinda D, Mahmud A. Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR), Total Aset, Jumlah Tenaga Kerja, Biaya Pemasaran Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Business and Accounting Education Journal. 31 Desember 2020;1(3):247–57. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.45659
Syarief S. terkini.id. 2023 [dikutip 13 Maret 2024]. Baju Kain Tenun Tope Jeneponto Laris Manis di Ajang INACRAFT 2023. Tersedia pada: https://makassar.terkini.id/baju-kain-tenun-tope-jeneponto-laris-manis-di-ajang-inacraft-2023/
Azizah WN, Dewi DA. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dapat Mempengaruhi Gaya Anak Muda dan Etika Pancasila pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan. 2022;6(1):1426–31. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2745
Sari PN. Pelatihan Digital Marketing Berbasis Potensi Lokal Daerah pada Anggota Karang Taruna Desa Wangen Kabupaten Klaten. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 21 September 2023;7(3):1940. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17238
Aisyah S, Rachmadi KR. Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 23 Juli 2022;3(2):442–8. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866
Wahyudi W, Mukrodi M, Sugiarti E, Marayasa IN, Mawardi S. Mengenal Pemasaran Digital dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis. 1 Januari 2022;2(1):44–53. https://doi.org/10.37481/pkmb.v2i1.237
Ahdiatt A. Databoks. 2024 [dikutip 28 Januari 2024]. 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
Fauzi A, Wahyudi AS, Fizikri B Al, Sari RN, Habibah S, Febrianti V, dkk. Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan pada Shopee. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2023;1(11):388–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.10280879