This is an outdated version published on 2022-11-06. Read the most recent version.

PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING (CL) MODEL GALLERY WALK (GW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB MTs HASAN YAMANI KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLMAN

Authors

  • As'ad M

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) terhadap kemampuan membaca bahasa Arab di MTs Hasan Yamani kecamatan Campalagian, kabupaten Polman. Adapun Rumusan Masalah yaitu bagaimana prosedur penerapan dan pengaruh Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab di MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur penerapan dan pengaruh Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) dalam meningkat kemampuan membaca di MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman. Penlitian ini merupakan penelitian lapangan. Penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes sebagi metode pengumpulan data. Dari tiga kelas yang ada, penulis mengambil kelas VIII sebagai sampelnya. Adapun proses belajar mengajar berlangsung selama 8 kali pertemuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk melihat apakah metode Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) memberi pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman atau tidak . Berdasarkan hasil penlitian yang dilakukan ternyata terjadi peningkatan nilai dari pre-test ke Post-test yaitu dari nilai rata-rata 47,22 meningkat menjadi 62,87. Hal ini berarti metode Cooperative Learning (CL) model gallery Walk (GW) memberi pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa MTs. Hasan Yamani kecamatan Campalagian kabupaten Polman.

References

Ahmadi, Abu. 1993. Cara Belajar yang Mandiri dan Sukses Solo: Aneka Solo.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Cetakan ke-12. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Djamal Makmur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. Pedoman umum sistem pengujian hasil kegiatan belajar. http://www.scribd.com/doc/172013220/Rancangan-Penilaian- Hasil- Belajar-Depdiknas-2008 (12 November 2012).

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan ke-2. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik, Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Jakarta: Refika Adi tama.

F Rahman . منھج تدریس الكلام في اللغة العربیة . 2008 . Nady Al-Adab

Gufron, Moch. 2011. “Implementasi Metode Gallery Wolk dan small group Discussion dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII E di SMP Negeri 1 Banyuanyar Probolinggo”. Skripsi Sarjana Malang: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hadi, Sutrisno. 1992. Metodologi Research. Cetakan ke-21. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasan, M. Iqbal. 2003. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 / Statistik Inferensial. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran dan Model Pembelajaran.Semarang : Media Group.

Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian. Jakarta : Buana Printing

Mardalis. 1993. Metodologi Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Bumi Aksara. 78

Margono, S. 2007. Metodologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nababan, Sri Utari Subyakto.1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama 79

Oktarina, Wartini. 2013. Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Penguasaan Konsep oleh Siswa pada Materi Pokok IPA. Skripsi Sarjana. Lampung. Universitas Lampung.

Radliyah Z. 2005. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Pustaka Rihlah Group.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorerientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siberman, Melvin L. 2011. Active Learning 101 Cara Pemblajaran Aktif. Cetakan ke-4. Bandung: Nuansa.

Slameto. 1990. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Subroto, Tjipto. 2002. Strategi dan Kemampuan Belajar Sebagai Bahan Ajar. Surabaya : Insan Cendikia.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-17. Alfabeta: Bandung

. . 2010. Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke-17. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henri Guntur. 1994. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tiro, Arif. 2006. Dasar-dasar Statistika. Cetakan ke-8. Makassar: State University of Makassar Press.

Trisuciani, Fitriah. 2012. “Pengaruh Metode Coopertive Learning Model Jigsaw Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep”. Skripsi Sarjana. Makassar. Universitas Hasanuddin.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Cetakan ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Cet. 1. Bandung: Rosda.

YS Baso. 2008. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Nady Al-Adab Vol 5

YS Baso. 2005. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab 80

YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa UNHAS Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM F Rahman . منھج تدریس الكلام في اللغة العربیة . 2008 . Nady Al-Adab

Downloads

Published

2022-11-06

Versions

How to Cite

As'ad M. (2022). PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING (CL) MODEL GALLERY WALK (GW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB MTs HASAN YAMANI KECAMATAN CAMPALAGIAN KABUPATEN POLMAN. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(1 (Januari). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/19774