Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Numbered Heads TogetherTerhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab DiMi Farida Aryani Kota Makassar

Authors

  • Lita Haryati

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di MI Farida Aryani Kota Makassar”.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja metode pembelajaran di MI Farida Aryani, bagaimana penerapan metode numbered heads together serta sejauhmana metode numbered heads together berpengaruh terhadap penguasaan kosakatasiswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan penerapan serta pengaruh metode pembelajaran numbered heads together terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MI Farida Aryani Kota Makassar Penelitian inimenggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam menyusun skripsi dan dengan pendekatan kuantitatif. Terlebih dahulu peneliti melakukan observasi di lapangan kemudian peneliti membagikan pre-testdan post-test,hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Arab sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode numbered heads together memberikan pengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil pre-testdan post-testyang mengalami peningkatan nilai.Misalnya Siswa Sovie Ananta, sebelum dilakukan pembelajaran nilainya hanya 23 dan setelah pembelajaran dilakukan ia sudah mampu mendapatkan nilai 66.

References

Agussalim, Andi. 2009.Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Computer Terhadap Kemampuan Penggunaan Dhamir Pada Siswa SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya.Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.

Efendi, Achmad. 2008. Pengolahan dan Analisis Data dengan Microsoft Excel. Penerbit Salemba Infotek.

Handayani, Liani.2012. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Pembelajaran Elaborasi materi matriks pada kelas X di SMK Islam Bahagia Jakarta Barat.Skripsi. STKIP Kusuma Negara Jakarta

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hasan, Iqbal. 2001. Pokok-pokok materi statistik 2( statistik inferensif). Jakarta : Penerbit Bumi Aksara

Hasan, Iqbal.2010. Analisis data penelitian.dengan Statistik. Jakarta: Penerbit Bumi aksara

Huda, Miftahul. 2014. Coorperative Learning metode, teknik, struktur dan model penerapan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Intan, Hafsah. 2008. Al- 'Arabiyyah Almuyassarah. Jakarta: Pustaka arif.

Jalil, Jasman. 2014. PanduanMudah Penelitian TindakanKelas. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustaka.

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

NHA Safa, YS Baso, F Rahman, AA Hamzah. 2012. Hubungan Penguasaan Mufradat Dan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Senali, Moh.

Saifullah Al-Aziz. 2005. Metode Pembelajaran Ilmu Nahwu Sistem 24 Jam. Surabaya: Penerbit Terbit Terang.

Slavin, Robert E. 2015. Coorperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Penerbit

Tarsito Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta..

Suprijono, Agus. 2009. Coorperative Learning teori dan aplikasi paikem.Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Pengajaran kosakata. Bandung: CV Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran pragmatik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Trisuciani, Fitriah.2010.Pengaruh Metode Coorperative Learning Model JigsawTerhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPA SMA Pangkajene Kabupaten Pangkep.Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Walgito, Sigit. 2012. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran berbantuan Komputer terhadap Kemampuan Penguasaan Mufradat pada Siswa SMP Muhammadiyah Makassar

YS Baso. 2005. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM

Downloads

Published

2022-11-06 — Updated on 2023-01-21

Versions

How to Cite

Haryati, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Numbered Heads TogetherTerhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab DiMi Farida Aryani Kota Makassar. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(3 (September). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20220 (Original work published November 6, 2022)